• Login
    View Item 
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Agriculture And Agricultural Technology
    • View Item
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Agriculture And Agricultural Technology
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    ANALISIS EFISIENSI PEMASARAN KOPI ARABIKA DI DESA KARANGPRING

    Thumbnail
    View/Open
    DEWINA WIDYANINGTYAS.pdf (194.7Kb)
    Date
    2015
    Author
    Dewina Widyaningtyas
    Sugeng Raharto
    Titin Agustina
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Kopi arabika memiliki nilai ekonomi lebih tinggi daripada kopi robusta karena kopi arabika memiliki harga dan cita rasa yang lebih tinggi dari kopi robusta. Salah satu daerah penghasil kopi arabika di Kabupaten Jember adalah Desa Karangpring Kecamatan Sukorambi. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui saluran pemasaran dan fungsi pemasaran yang dilakukan oleh lembaga pemasaran kopi arabika di Desa Karangpring, (2) mengetahui struktur, perilaku, dan keragaan pasar dalam pemasaran kopi arabika di Desa Karangpring. Metode pengambilan contoh menggunakan total sampling dan snowball sampling. Metode analisis data yang digunakan adalah (1) metode deskriptif, dan (2) analisis margin pemasaran, market share, distribusi margin, dan efisiensi pemasaran Hasil penelitian menunjukkan (1) Saluran pemasaran kopi arabika di Desa Karangpring Kecamatan Sukorambi Kabupaten Jember terdiri dari lima saluran pemasaran. Lembaga pemasaran yang terlibat terdiri dari petani, tengkulak, pedagang pengumpul desa, pedagang besar, pedagang provinsi (UD Wijaya), eksportir (PT Indokom Citra Persada), dan konsumen/trader.. (2) Fungsi-fungsi pemasaran tidak sepenuhnya dilakukan oleh masing-masing lembaga pemasaran yang terlibat dalam pemasaran kopi arabika. (3) Struktur pasar dalam pemasaran kopi arabika yaitu struktur pasar oligopsoni, (4) Perilaku pasar dalam pemasaran kopi arabika dari masing-masing kriteria dapat disimpulkan perilaku pasar kopi arabika tidak baik karena praktek penentuan harga kopi arabika didominasi oleh pedagang perantara,biaya pemasaran tidak seragam, penentuan harga tidak jujur, tidak adanya intervensi pemerintah dalam hal kebijakan harga, (5) Keragaan pasar kopi arabika dari masingmasing kriteria tidak baik karena marjin pemasaran relatif besar, distribusi margin tidak merata, dan efisiensi pemasaran kecil. Sehingga dapat disimpulkan pemasaran kopi arabika di Desa Karangpring Kecamatan Sukorambi Kabupaten Jember tidak efisien.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/69101
    Collections
    • SRA-Agriculture And Agricultural Technology [329]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository