Show simple item record

dc.contributor.authorSRI HARTINI
dc.date.accessioned2013-12-09T07:55:19Z
dc.date.available2013-12-09T07:55:19Z
dc.date.issued2013-12-09
dc.identifier.nimNIM080210274098
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/6877
dc.description.abstractPenelitian ini dilaksanakan di SDN Bitin 04 Kelas III yang terdiri dari 20 siswa, 14 siswa laki-laki dan 6 siswa perempuan. Siswa dibagi menjadi 5 kelompok yang heterogen. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak 2 siklus. Metode pengumpulan data melalui observasi dan tes pengambilan data subjek dilakukan tanggal 14 maret 2011 sampai dengan 21 maret 2011 dengan subjek penelitian siswa kelas III SDN Biting 04 Arjasa. Data yang dikumpulkan berupa aktivitas siswa selama, aktivitas guru, dan tes individu. Berdasarkan data yang diperoleh dari hasil observasi. Diketahui menggunakan benda konkrit adalah pada siklus 1 prosentase aktivitas yang dilakukan siswa adalah sebesar 66%, siklus 2 sebesar 80%. Dari tes akhir yang dilakukan siswa, adalah nilai 80 % pada siklus 1 adalah sebesar 65 % sedangkan siklus. Kesimpulan dari penelitian ini adalah siswa mengalami peningkatan aktifitas dan hasil belajar pada materi pembelajaran matematika realistik pokok bahasan pecahan dapat menciptakan pembelajaran yang aktif dan merangsang siswa untuk lebih berani mengungkapkan pendapat. Memotivasi siswa untuk meningkatkan hasil belajar serta dapat meningkatkan keakraban siswa.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210274098;
dc.subjectHasil Belajar, Pendekatan Realistik, Benda Konkriten_US
dc.titlePENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA POKOK BAHASAN PECAHAN MELALUI PENDEKATAN REALISTIK MENGGUNAKAN BENDA KONKRET DI KELAS 3 SDN BITING 04 ARJASA JEMBERen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record