dc.description.abstract | Penelitian ini termasuk kategori penelitian kualitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian
etnografi. Penelitian ini dilakukan atas dasar pengalaman penulis di lapangan ketika mengamati
praktik transaksi “agak berbeda” dengan praktik transaksi pada umumnya dengan sistem tawarmenawar
intensif antara penjual dan pembeli. Tujuannya adalah mendeskripsikan pola-pola
komunikasi yang terbentuk melalui proses interaksi dan mengungkap tema budaya yang
terkandung dalam aktivitas interaksi jual beli antara penjual dan pembeli. Untuk mencapai tujuan
penelitian digunakan analisis etnografi model James P. Spradley (1977) yang mencakup analisis
domain, analisis taksonomik, analisis komponensial, dan tema budaya. Kegiatan analisis data
untuk memahami proses-proses interaksi dan makna komunikasi dipandu dengan teori
interaksionisme simbolik George Herbert Mead, teori tindak tutur J. Austin, dan prinsip kerja sama
dalam percakapan dari Peul Grice. Hasil penelitian ini ditemukan tema budaya khusus yakni,
kejujuran yang melandasi sikap saling mempercayai (trust) dan saling menghargai merupakan
syarat mendasar berlangsungnya kegiatan jual beli dan agar hubungan kerja sama antarpersonal
(penjual dan pembeli) yang sudah terjalin baik tetap terjaga, stabil, dan berkelanjutan. Selain itu,
juga ditemukan tema bawahan yakni: (1) dalam kesepakatan jual beli, penyerahan uang dan barang
yang diberi potongan harga merupakan strategi ekonomi untuk menarik pembeli menjadi
pelanggan, sehingga terbangun kerja sama jangka panjang yang menguntungkan kedua pihak,
yakni penjual dan pembeli dan (2) dalam kesepakatan jual beli, pemberian bonus kepada pembeli
pelanggan merupakan strategi ekonomi untuk mempertahankan hubungan transaksi yang telah
terbentuk. | en_US |