• Login
    View Item 
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Humanities
    • View Item
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Humanities
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    POLA-POLA KOMUNIKASI ANTARA PENJUAL DAN PEMBELI DI PASAR KALIPAIT KECAMATAN TEGALDLIMO KABUPATEN BANYUWANGI (SUATU TINJAUAN ETNOGRAFI KOMUNIKASI) PATTERNS OF COMMUNICATION BETWEEN SELLERS AND BUYERS IN THE MARKET OF KALIPAIT TEGALDLIMO DISTRICT REGION OF BANYUWANGI (ETHNOGRAPHY OF COMMUNICATION INQUIRY)

    Thumbnail
    View/Open
    RETA PUSPITA WIBOWO.pdf (456.4Kb)
    Date
    2012
    Author
    PUSPITA WIBOWO, RETA
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini termasuk kategori penelitian kualitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian etnografi. Penelitian ini dilakukan atas dasar pengalaman penulis di lapangan ketika mengamati praktik transaksi “agak berbeda” dengan praktik transaksi pada umumnya dengan sistem tawarmenawar intensif antara penjual dan pembeli. Tujuannya adalah mendeskripsikan pola-pola komunikasi yang terbentuk melalui proses interaksi dan mengungkap tema budaya yang terkandung dalam aktivitas interaksi jual beli antara penjual dan pembeli. Untuk mencapai tujuan penelitian digunakan analisis etnografi model James P. Spradley (1977) yang mencakup analisis domain, analisis taksonomik, analisis komponensial, dan tema budaya. Kegiatan analisis data untuk memahami proses-proses interaksi dan makna komunikasi dipandu dengan teori interaksionisme simbolik George Herbert Mead, teori tindak tutur J. Austin, dan prinsip kerja sama dalam percakapan dari Peul Grice. Hasil penelitian ini ditemukan tema budaya khusus yakni, kejujuran yang melandasi sikap saling mempercayai (trust) dan saling menghargai merupakan syarat mendasar berlangsungnya kegiatan jual beli dan agar hubungan kerja sama antarpersonal (penjual dan pembeli) yang sudah terjalin baik tetap terjaga, stabil, dan berkelanjutan. Selain itu, juga ditemukan tema bawahan yakni: (1) dalam kesepakatan jual beli, penyerahan uang dan barang yang diberi potongan harga merupakan strategi ekonomi untuk menarik pembeli menjadi pelanggan, sehingga terbangun kerja sama jangka panjang yang menguntungkan kedua pihak, yakni penjual dan pembeli dan (2) dalam kesepakatan jual beli, pemberian bonus kepada pembeli pelanggan merupakan strategi ekonomi untuk mempertahankan hubungan transaksi yang telah terbentuk.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/68640
    Collections
    • SRA-Humanities [343]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository