Penerapan Strategi Pembelajaran Belajar Tuntas (Mastery Learning)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pokok bahasan
proses daur air. Penelitian ini dilakukan di SDN Pancakarya 01 kelas V Semester Ganjil tahun
ajaran 2012/2013 Jember menggunakan penelitian tindakan kelas. Metode pengumpulan data
menggunakan perencanaan, pelaksanaan, observasi, wawancara dan refleksi. Pada siklus I
rata-rata persentase aktivitas belajar siswa sebesar 54,47%, dan pada siklus II sebesar 81,04%.
Hasil belajar IPA menggunakan strategi pembelajaran belajar tuntas juga mengalami
peningkatan. Pada siklus I rata-rata hasil belajar siswa sebesar 62,68, dan pada siklus II
sebesar 65,89. Dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi belajar tuntas dapat
meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V SDN Pancakarya 01 Ajung Jember.
Collections
- SRA-Education [1352]