dc.description.abstract | Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SDN 3 Dasri yang terdiri dari 21
siswa, dengan 11 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Siswa dibagi menjadi 7
kelompok yang heterogen, yang masing-masing kelompoknya terdiri dari 3 siswa.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitiannya adalah
penelitian tindakan kelas yang dibagi menjadi dua siklus, yang masing-masing siklus
terdiri dari dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data meliputi observasi,
wawancara dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif
dan kuantitatif. Deskriptif kualitatif menganalisis data berupa observasi dan
wawancara, sedangkan deskriptif kuantitatif menganalisis nilai hasil belajar siswa.
Penelitian ini dilaksanakan mulai tanggal 21 Februari 2011 sampai 03 Maret
2011 dengan subjek penelitian kelas V SDN 3 Dasri. Data yang dikumpulkan berupa
penilaian aktivitas siswa , aktivitas guru, dan nilai hasil belajar siswa pada saat
penerapan metode eksperimen menggunakan media benda asli. Hasil analisis
aktivitas siswa mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 73% meningkat menjadi
84% di siklus II, aktivitas guru juga meningkat dari rata-rata 72% di siklus I
meningkat menjadi 84,5% pada siklus II. Analisis nilai hasil belajar siswa mengalami
peningkatan dari siklus I sebesar 62% menjadi 86% pada siklus II, berdasarkan hasil
tersebut secara klasikal siswa kelas V mencapai peningkatan nilai hasil belajar
sebesar 24%.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah aktivitas siswa selama pembelajaran
IPA menggunakan Metode Eksperimen menggunakan media benda asli mengalami
peningkatan. Berdasarkan hasil observasi aktivitas siswa menunjukkan persentase
rata-rata sikus I sebesar 73% dan siklus II sebesar 84%. Pembelajaran IPA dengan
Metode Eksperimen menggunakan media benda asli dapat meningkatkan hasil belajar
siswa kelas V SDN 3 Dasri yaitu mencapai persentase sebesar 62% pada siklus I dan
86% pada siklus II, sehingga meningkat sebesar 24%. | en_US |