Show simple item record

dc.contributor.authorSANTOSA
dc.date.accessioned2013-12-09T07:18:27Z
dc.date.available2013-12-09T07:18:27Z
dc.date.issued2013-12-09
dc.identifier.nimNIM080210274028
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/6812
dc.description.abstractBerdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang dilakukan pada siklus 1 dan siklus 2, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran IPS di kelas IV SDN Tegalgede 02 dengan menggunakan model bermain peran dapat meningkatkan aktifitas belajar siswa selama proses perbaikan pembelajaran. Pada pra siklus keaktifan belajar siswa 40,7%, siklus 1 (68,6%) menjadi 96,8% di siklus 2. Secara rinci berarti peningkatan keaktifan belajar siswa adalah pra siklus ke siklus 1 (27,9%), dan dari siklus 1 ke siklus 2 sebesar 28.2% Hasil belajar siswa dimana pada pra siklus nilai rata-rata siswa hanya 59,3 menjadi 61 pada siklus 1, dan 71,5 pada akhir siklus2. Secara rinci berarti kenaikan dari pra siklus ke siklus 1 sebesar 1,7, siklus 1 ke siklus 2 sebesar 10,5 dan prosentase ketuntasan belajar siswa dari 59,3% pra siklus menjadi 65,7 % di siklus 1 dan 96,8% sampai akhir siklus 2. Secara rinci berarti dapat diketahui bahwa dari pra siklus ke siklus 1 kenaikan ada sebesar 6,4%, dan siklus 1 ke siklus 2 sebesar 31,1%. Hal ini bisa dilihat dari peningkatan nilai mata pelajaran IPS dengan penggunaan model bermain peran pada prasiklus sampai siklus II. Selain itu, pembelajaran dengan menggunakan metode bermain peran dapat meningkatkan penjiwaan kepekaan siswa terhadap masalah-masalah sosial yang ada di lingkungan tempat tinggalnya dan sekitarnya.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210274028;
dc.subjectMetode Bermain Peran, Hasil Belajar IPS, Masalah-Masalah Sosialen_US
dc.titleMETODE BERMAIN PERAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS POKOK BAHASAN MASALAH – MASALAH SOSIAL PADA SISWA KELAS IV SDN TEGALGEDE 02 KECAMATAN SUMBERSARI KABUPATEN JEMBER TAHUN AJARAN 2010 – 2011en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record