PENENTUAN JUMLAH TENAGA PENJUALAN YANG OPTIMAL DALAM RANGKA EFISIENSI BIAYA PEMASARAN PADA PT. CAKRA MAS DIBLITAR
Abstract
Tujuan dari penulisan skripsi ini adalah untuk menentukan   jumlah  tenaga penjualan yang optimal berdasarkan biaya operasional pada periode tahun 1995 s/d 2000 serta untuk  menentukan alokasi tenaga penjualan dan anggaran biayanya ke masing-masing wilayah pemasaran dalam   rangka efisiensi biaya pemasaran  pada periode  yang  akan  datang (tahun 2001). Skripsi ini mengambil judul     Penentuan Jumlah Tenaga Penjualan Yang Optimal    Dalam Rangka Efisiensi Biaya Pemasaran Pada  PT. Cakra   Mas Di Blitar,
Metode pengumpulan data yang dipakai  dalam  penelitian   ini adalah wawancara dan studi pustaka. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus  kurena hal ini sesuai dengan permasalahan yang   dihadapi oleh perusahaan, sedangkan pendekatan  analisisnya  penelitian  ini  termasuk  penelitian kuantitatif.
Penentuan jumIah tenaga penjualan serta alokasi tenaga penjualan menggunakan 2 (dua) tahapan yang saling berkaitan, yaitu: tahapan pertama (mengestimasikan   volume penjualan pada masa yang akan datang dengan menggunakan metode Least Square, menghitung tingkat  perputaran tenaga penjualan dengan menggunakan    metode potensi penjualan serta menghitung tingkat produktivitas tenaga penjualan dengan menggunakan metode Geometric Mean) serta tahapan kedua   menggunakan programasi dinamis untuk menentukan  alternatif kombinasi jumlah dan alokasi tenaga penjualan  untuk setiap wilayah pemasaran berdasarkan atas biaya operasional yang minimal.
