PENENTUAN JUMLAH TENAGA PENJUALAN YANG OPTIMAL DALAM RANGKA EFISIENSI BIAYA PEMASARAN PADA PT. CAKRA MAS DIBLITAR
Abstract
Tujuan dari penulisan skripsi ini adalah untuk menentukan jumlah tenaga penjualan yang optimal berdasarkan biaya operasional pada periode tahun 1995 s/d 2000 serta untuk menentukan alokasi tenaga penjualan dan anggaran biayanya ke masing-masing wilayah pemasaran dalam rangka efisiensi biaya pemasaran pada periode yang akan datang (tahun 2001). Skripsi ini mengambil judul Penentuan Jumlah Tenaga Penjualan Yang Optimal Dalam Rangka Efisiensi Biaya Pemasaran Pada PT. Cakra Mas Di Blitar,
Metode pengumpulan data yang dipakai dalam penelitian ini adalah wawancara dan studi pustaka. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus kurena hal ini sesuai dengan permasalahan yang dihadapi oleh perusahaan, sedangkan pendekatan analisisnya penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif.
Penentuan jumIah tenaga penjualan serta alokasi tenaga penjualan menggunakan 2 (dua) tahapan yang saling berkaitan, yaitu: tahapan pertama (mengestimasikan volume penjualan pada masa yang akan datang dengan menggunakan metode Least Square, menghitung tingkat perputaran tenaga penjualan dengan menggunakan metode potensi penjualan serta menghitung tingkat produktivitas tenaga penjualan dengan menggunakan metode Geometric Mean) serta tahapan kedua menggunakan programasi dinamis untuk menentukan alternatif kombinasi jumlah dan alokasi tenaga penjualan untuk setiap wilayah pemasaran berdasarkan atas biaya operasional yang minimal.