PERBEDAAN PENDAPATAN BERSIH ANTARA PEDAGANG PRACANGAN PENERIMA DAN BUKAN PENERIMA PEMBIAYAAN MUDLARABAH BPR. SYARI'AH ARTHA SINAR MENTARI DI KECAMATAN WULUHAN KABUPATEN JEMBER
Abstract
Penelitian ini menggunakan data hasil penjualan,  pendapatan  kotor,  biaya total serta  pendapatan  bersih rata-rata  pedagang  penerirna  dan  bukan penerima pembiayaan rnudlarabah. Permasalahannya adalah apakah terdapat perbedaan penjualan bersih dan pendapatan  bersih rata-rata  pedagang  penerima  dan bukan penerima pernbiayaan mudlarabah. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui perbedaan penjualan bersih dan pendapatan bersih rata-rata.  Prosedur pengumpulan datanya dilaksanakan dengan metode interviu, wawancara dan studi literatur pada BPRS Artha Sinar Mentari. Metode analisis data yang dipakai adalah rumus rata-rata  hitung serta uji beda dua rata-rata.
Hasil  analisis data  menunjukkan  bahwa  pedagang   pracangan   penerima pernbiayaan   mudlarabah   mampu   rneraih   penjualan   rata-rata    sebesar    Rp 2.432.875,52 sedangkan pedagang bukan penerirna sebesar Rp,  1.655.810,12. Hasil uji t  test  didapat  hasil  7,11 dan t test  95 % sebesar  1,71.Sedangkan pendapatan bersih rata-rata yang diperoleh pedagang   penerima pembiayaan mudlarabah sebesar Rp. 215.930,73 sedangkan   pedagang bukan penerirna pernbiayaan sebesar Rp. 177 .645,24.  Hasil uji t test didapat hasil 4,41  dan t test 95 % sebesar  1,71. Berarti terdapat  perbedaan  hasil penjualan dan  pendapatan bersih rata-rata  yang nyata.
Simpulan yang didapat yaitu, terdapat perbedaan yang nyata pada penjualan dan pendapatan bersih rata-rata antara pedagang pracangan penerirna dengan pedagang pracangan bukan penerima pembiayaan. Saran yang diberikan kepada pedagang pracangan yang  belum  pernah mengambil  pinjarnan  modal usaha adalah untuk mempertimbangkan alternatif pinjaman mudlarabah, yang terbukti mampu meningkatkan pendapatan bersih rata-rata pedagang  pracangan secara nyata dan kepada pedagang pracangan yang telah mengambil pembiayaan mudlarabah agar meningkatkan jumlah penjualannya agar pendapatan bersih rata-rata yang dihasilkan lebih besar di masa mendatang.
