• Login
    View Item 
    •   Home
    • LECTURER RESEARCH REPORT (LEMLIT)
    • LRR-Hibah Peneitian Lain-lain
    • View Item
    •   Home
    • LECTURER RESEARCH REPORT (LEMLIT)
    • LRR-Hibah Peneitian Lain-lain
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Peningkatan Communication Skilts Siswa Rintisan Sekolah Bertaraf Internasionar melalui pengembangan Bahan Ajar Biologi KontekstuaI dengan Scaffolds Audio- Visual

    Thumbnail
    View/Open
    Wahcju Subchan.pdf (3.315Mb)
    Date
    2013-12-09
    Author
    Wachju Subchan
    Supriyanto
    Nurul Umamah
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Sejak diberlakukan UU RI nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, khususnya menggarisbawahi pasal 50 ayat 3 yang menyebutkan bahwa: "pemerintah dan/atau pemerintah daerah menyelenggaraknn sekurang-kursngnyo satu satuan pendidikan pada semua jenjang pendidikan untuk dikembongkan meniadi satuan pendidikan bertaraf internasionol". Kebijakan ini berimplikasi cukup luas, dari sisi kelembagau Dinas Pendidikan Nasional yang dituntut mempersiapkan berbagai aspek terkait dengan penetapan kebijakan tersebut. Untuk menghadapi permasalahan ini sekolah telah dan sedang melakukan langkah positip termasuk diantaranya haining kemampuan bahasa Inggris guru, training materi pembelajaran dan pelaksanaan teknis Sekolah Bertaraf Internasional (SBI) dan program out sourcing dengan melibatkan staf ahli dalam pendampingan penyusunan perencanaan dan implementasi pembelaj aran. Mencermati berbagai kegiatan yang terkait dengan SBI di dua RSBI tersebut, dari hasil observasi awal menunjukkan bahwa sesungguhnya banyak SMP berstatus RSBI sedang menghadapi banyak permasalahan internal sehubungan dengan pelaksanaan pembelajaran bilingual, baik dari kesiapan guru, siswa, sarana dan prasarana, maupun dari pihak institusi sekolah. Namun karena adanya motivasi seluruh elemen sekolah baik pimpinan maupun gulu dan karyawan untuk memberikan layanan pendidikan yang terbaik maka program tersebut dijalankan dengan segala kemampuannya. Salah satu permasalahan mendasar adalah permasalahan guru yang dituntut menyelenggarakan pembelajaran bilingual yang sebelumnya tidak pernah dilakukan, bahkan gwu sejak awal tidak pernah dipersiapkan untuk mengajar materi dalarn bentuk bilingual. Oleh sebab itu wajar apabila di level sekolah guru yang merasakan dampaknya, apalagi program ini belum banyak referensi yang dimiliki guru, model, media pembelajaran yang sesuai, dan sebagainya.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/6795
    Collections
    • LRR-Hibah Peneitian Lain-lain [79]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository