Show simple item record

dc.contributor.authorRINA HERLINDARI
dc.date.accessioned2013-12-09T06:51:39Z
dc.date.available2013-12-09T06:51:39Z
dc.date.issued2013-12-09
dc.identifier.nimNIM080210204259
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/6773
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan ketuntasan hasil belajar melalui pembelajaran dengan pendekatan SAVI dalam mata pelajaran IPA siswa kelas IV-B SDN Kertosari 01 Kecamatan Pakusari Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2010/2011. Pengambilan data dalam penelitian ini, dilaksanakan di SDN Kertosari 01 Kecamatan Pakusari, dimulai pada tanggal 12 April 2011 sampai 28 April 2011, subyek penelitian adalah siswa kelas IV-B dengan jumlah siswa 35 anak, terdiri dari 23 laki-laki dan 12 perempuan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan adalah model skema spiral dari Hopkins yang terdiri dari empat fase yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, tes, wawancara dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan berupa analisis aktivitas siswa selama proses pembelajaran IPA dengan pendekatan SAVI dan analisis tes ketuntasan hasil belajar siswa setelah mengikuti pembelajaran dengan pendekatan SAVI pada siklus I dan siklus II. Hasil analisis aktivitas siswa pada tahap prasiklus mencapai 39,28% dengan persentase ketuntasan hasil belajar mencapai 45,71%. Hal ini menunjukkan bahwa pada tahap prasiklus, aktivitas siswa selama mengikuti pembelajaran kurang aktif dan secara klasikal ketuntasan hasil belajar yang diperoleh belum memenuhi standar KKM yang ditetapkan. Pada siklus I persentase aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 58,95% dan secara klasikal ketuntasan hasil belajar yang dicapai sebesar 71,43%, sedangkan pada siklus II persentase aktivitas siswa selama mengikuti pembelajaran juga mengalami peningkatan dari siklus I yaitu sebesar 72,37% dengan ketuntasan belajar siswa yang dicapai sebesar 88,57%. Hal ini menunjukkan bahwa pada siklus II, siswa telah mengikuti pembelajaran dengan aktif dan ketuntasan hasil belajar yang diperoleh telah memenuhi standar KKM yang ditetapkan. Berdasarkan hasil analisis yang diperoleh dari penelitian pelaksanaan pembelajaran dengan pendekatan SAVI pada pokok bahasan perubahan lingkungan fisik, dapat meningkatkan aktivitas dan ketuntasan hasil belajar siswa, sehingga pendekatan SAVI ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif dalam penyajian pembelajaran IPA khususnya dalam penanaman konsep awal siswa.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210204259;
dc.subjectSAVI (Somatis Auditori Visual dan Intelektual), Mata Pelajaran IPAen_US
dc.titlePENERAPAN PENDEKATAN SAVI (SOMATIS, AUDITORI, VISUAL DAN INTELEKTUAL) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN KETUNTASAN HASIL BELAJAR DALAM MATA PELAJARAN IPA SISWA KELAS IV-B SEMESTER GENAP SD NEGERI KERTOSARI 01 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2010/2011en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record