dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan ketuntasan hasil
belajar melalui pembelajaran dengan pendekatan SAVI dalam mata pelajaran IPA
siswa kelas IV-B SDN Kertosari 01 Kecamatan Pakusari Kabupaten Jember Tahun
Pelajaran 2010/2011. Pengambilan data dalam penelitian ini, dilaksanakan di SDN
Kertosari 01 Kecamatan Pakusari, dimulai pada tanggal 12 April 2011 sampai 28
April 2011, subyek penelitian adalah siswa kelas IV-B dengan jumlah siswa 35 anak,
terdiri dari 23 laki-laki dan 12 perempuan. Penelitian ini merupakan Penelitian
Tindakan Kelas dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Desain penelitian yang
digunakan adalah model skema spiral dari Hopkins yang terdiri dari empat fase yaitu
perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Pengumpulan data menggunakan
metode observasi, tes, wawancara dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan berupa
analisis aktivitas siswa selama proses pembelajaran IPA dengan pendekatan SAVI
dan analisis tes ketuntasan hasil belajar siswa setelah mengikuti pembelajaran dengan
pendekatan SAVI pada siklus I dan siklus II.
Hasil analisis aktivitas siswa pada tahap prasiklus mencapai 39,28% dengan
persentase ketuntasan hasil belajar mencapai 45,71%. Hal ini menunjukkan bahwa
pada tahap prasiklus, aktivitas siswa selama mengikuti pembelajaran kurang aktif dan
secara klasikal ketuntasan hasil belajar yang diperoleh belum memenuhi standar
KKM yang ditetapkan. Pada siklus I persentase aktivitas belajar siswa mengalami
peningkatan sebesar 58,95% dan secara klasikal ketuntasan hasil belajar yang dicapai
sebesar 71,43%, sedangkan pada siklus II persentase aktivitas siswa selama
mengikuti pembelajaran juga mengalami peningkatan dari siklus I yaitu sebesar
72,37% dengan ketuntasan belajar siswa yang dicapai sebesar 88,57%. Hal ini
menunjukkan bahwa pada siklus II, siswa telah mengikuti pembelajaran dengan aktif
dan ketuntasan hasil belajar yang diperoleh telah memenuhi standar KKM yang
ditetapkan.
Berdasarkan hasil analisis yang diperoleh dari penelitian pelaksanaan
pembelajaran dengan pendekatan SAVI pada pokok bahasan perubahan lingkungan
fisik, dapat meningkatkan aktivitas dan ketuntasan hasil belajar siswa, sehingga
pendekatan SAVI ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif dalam penyajian
pembelajaran IPA khususnya dalam penanaman konsep awal siswa. | en_US |