Show simple item record

dc.contributor.authorDian Widyarin
dc.date.accessioned2013-07-18T02:24:27Z
dc.date.available2013-07-18T02:24:27Z
dc.date.issued2013-07-18
dc.identifier.nimNIM070210103083
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/673
dc.description.abstractPembelajaran virtual merupakan bentuk penerapan teknologi informasi di bidang pendidikan yang dapat memudahkan guru maupun siswa menyimulasikan berbagai materi pelajaran salah satunya konsep Sistem Pencernaan. Kurang adanya variasi metode pembelajaran menyebabkan siswa kurang termotivasi untuk belajar dan terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran. Salah satu metode pembelajaran yang dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa adalah model TGT. Adapun rumusan dalam penelitian ini adalah adakah pengaruh pembelajaran model Teams Games Tournament (TGT) dan pemberian tugas dengan media 3D virtual world terhadap motivasi dan hasil belajar siswa kelas VIII semester gasal SMPK Maria Fatima Jember. Penelitian ini bertujuan untuk untuk menguji pengaruh pembelajaran model Teams Games Tournament (TGT) dan pemberian tugas dengan media 3D virtual world terhadap motivasi dan hasil belajar siswa kelas VIII semester gasal SMPK Maria Fatima Jember.Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen. Proses tabulasi data dilaksanakan dengan observasi mengajar, dokumentasi, pengukuran motivasi ARCS, tes hasil belajar dan wawancara terhadap guru maupun siswa. Data yang diperoleh selankutnya dianalisis dengan analisis varian (ANAVA) untuk uji homogenitas dan analisis kovarian (ANAKOVA) terhadap data hasil penelitian yang didahului dengan uji normalitas menggunakan One-Sample Kolmogorov Smirnov. Berdasarkan perhitungan hasil uji kovarian terhadap angket motivasi ARCS dibagi menjadi empat aspek yaitu Attention (perhatian), Relevance (keterkaitan), Confidence (percaya diri) dan Satisfaction (kepuasan) yang masing- masing aspek dilakukan analisis kovarian. Berdasarkan perhitungan Uji analisis Kovarian terhadap nilai Attention0 dan Attention1 diketahui df pembilang 1 dan df penyebut 72 dengan taraf signifikasi 0,05 maka didapatkan Ftabel = 3,980. Dari tabel di atas diketahui F hitung = 67,409 atau lebih besar dari 3,980 sehingga H 0 ditolak, dengan asumsi ada pengaruh yang signifikan terhadap nilai Attention (perhatian) siswa. Berdasarkan perhitungan Uji analisis Kovarian terhadap nilai Relevance0 dan Relevance1 diketahui df pembilang 1 dan df penyebut 72 dengan taraf signifikasi 0,05 maka didapatkan F tabel = 3,980. Dari tabel di atas diketahui Fhitung = 35,669 atau lebih besar dari 3,980 sehingga H 0 ditolak, dengan asumsi ada pengaruh yang signifikan terhadap nilai Relevance (keterkaitan) siswa.Berdasarkan perhitungan Uji analisis Kovarian terhadap nilai Confidence0 dan Confidence1 diketahui df pembilang 1 dan df penyebut 72 dengan taraf signifikasi 0,05 maka didapatkan Ftabel = 3,980. Dari tabel di atas diketahui F hitung = 12,229 atau lebih besar dari 3,980 sehingga H0 ditolak, dengan asumsi ada pengaruh yang signifikan terhadap nilai Confidence (percaya diri) siswa.Berdasarkan perhitungan Uji analisis Kovarian terhadap nilai Satisfaction0 dan Satisfaction1 diketahui df pembilang 1 dan df penyebut 72 dengan taraf signifikasi 0,05 maka didapatkan Ftabel = 3,980. Dari tabel di atas diketahui F hitung = 23,250 atau lebih besar dari 3,980 sehingga H0 ditolak, dengan asumsi ada pengaruh yang signifikan terhadap nilai Satisfaction (kepuasan) siswa. Berdasarkan perhitungan Uji analisis Kovarian terhadap nilai Pretest dan Posttest diketahui df pembilang 1 dan df penyebut 72 dengan taraf signifikasi 0,05 maka didapatkan Ftabel = 3,980. Dari tabel di atas diketahui F hitung = 15,784 atau lebih besar dari 3,980 sehingga H 0 ditolak, dengan asumsi ada pengaruh yang signifikan terhadap nilai hasil belajar siswa Kesimpulan dalam penelitian ini adalah diartikan pembelajaran model Teams Games Tournament (TGT) dan pemberian tugas dengan 3D virtual world memberikan pengaruh yang signifikan terhadap motivasi dan hasil belajar siswa kelas VIII di SMPK Maria Fatima Jember.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210103083;
dc.subjectPEMBELAJARAN MODEL TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) , 3D VIRTUAL WORLD, MOTIVASI, HASIL BELAJAR SISWAen_US
dc.titlePENGARUH PEMBELAJARAN MODEL TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DAN PEMBERIAN TUGAS RUMAH DENGAN MEDIA 3D VIRTUAL WORLD TERHADAP PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA (Sub Konsep Sistem Pencernaan di SMPK Maria Fatima Jember Kelas VIII Semester Gasal Tahun Pelajaran 2011/2012)en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record