Show simple item record

dc.contributor.advisorHobri
dc.contributor.advisorBara S., Toto’
dc.contributor.authorFetri, Yusron Rozak
dc.date.accessioned2015-12-11T13:38:28Z
dc.date.available2015-12-11T13:38:28Z
dc.date.issued2015-12-11
dc.identifier.nim110210101065
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/67399
dc.description.abstractMengingat begitu pentingnya pendidikan matematika dalam upaya kelangsungan hidup manusia perlu adanya pembelajaran sejak sekolah dasar untuk membekali peserta didik dengan kemampuan berpikir kreatif. Berpikir kreatif merupakan suatu kemampuan yang dapat membantu siswa dalam menyelesaikan masalah secara divergen. Sejalan dengan semua itu perlu adanya pengembangan kemampuan berpikir kreatif siswa. Pengembangan kemampuan berpikir kreatif dapat diaplikasikan dengan instrumen berupa paket tes berpikir kreatif matematika tipe problem solving dengan tujuan untuk mengukur tingkat kemampuan berpikir kreatif siswa. Problem solving merupakan tugas kepada siswa untuk menyelesaikan masalah yang sudah disajikan. Permasalahan yang disajikan dirancang sebaik mungkin agar mampu memunculkan kemampuan berpikir kreatif siswa yaitu kelancaran (fluency), keluwesan (flexibility), dan kebaruan (Originality). Berkaitan dengan uraian diatas perlu adanya sebuah pengembangan paket tes berpikir kreatif matematika tipe problem solving untuk membantu dalam mengembangkan kamampuan berpikir kreatif siswa. Kemampuan berpikir kreatif bisa muncul dengan membiasakan siswa mengerjakan soal-soal divergen. Maka dari itu, perlunya sebuah paket tes berpikir kreatif seperti yang dikembangkan oleh peneliti. Penelitian pengembangan yang dilakukan oleh peneliti menggunakan model 4D yang dikembangakan oleh Thiagarajan dengan beberapa modifikasi. Paket tes yang dikembangan terdiri atas 1 paket yang berisikan 6 butir soal yang mengandung petunjuk pengerjaan untuk mencapai indikator yang diinginkan. Paket tes ini termuat dalam 3 pokok bahasan meliputi persamaan garis lurus, sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV) dan teorema phytagoras kelas VIII semester gasal. Paket tes ini dikembangkan dengan menggunakan indikator berpikir keatif yaitu lancar (fluency), luwes (flexibility) dan kebaruan (originality). Selain mengembangkan paket tes peneliti juga mengembangkan instrumen lain diantaranya kisi-kisi, alternatif jawaban, pedoman penskoran, angket berpikir kreatif. hasil dari instrumen yang dibuat akan divalidasi oleh 3 orang validator untuk menyempurnakan pengembangan paket tes. Setelah paket tes dikatakan valid dilakukan uji coba kepada siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Jember. Pada uji coba kelompok besar (large group), dipilihlah kelas VIII-E SMP Negeri 7 Jember sebagai uji coba karena kelas tersebut merupakan kelas dengan kemampuan siswanya yang heterogen. Jumlah siswa pada kelas ini sebanyak 42 siswa. Pada uji coba validitas menunjukkan 1 butir soal memiliki validitas yang sangat tinggi, 2 butir soal memiliki validitas tinggi dan 3 butir soal lainnya memiliki validitas cukup. Hasil reliabilitas pada uji coba ini adalah 0,48 dengan interprestasi cukup. Hasil analisis tingkat kesukaran tiap butir soal ini menunjukan 3 butir soal memiliki kategori sukar dan 3 butir lainnya memiliki kategori sedang. Sedangkan untuk hasil analisis daya pembeda tiga soal memiliki interprestasi cukup dan 3 soal memiliki interprestasi jelek. Penyebab jeleknya tingkat daya pembeda pada uji coba ini yaitu kebanyakan siswa tidak bisa menjawab soal dengan benar dan tepat, sehingga perbedaan nilai siswa kelas atas dengan siswa kelas bawah sangat tipis yang menyebabkan daya pembedanya menjadi jelek. Berdasarkan hasil analisis validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran dan juga daya pembeda. Paket tes tersebut tidak perlu adanya revisi karena tingkat validitas dan realiabelitas sudah memenuhi syarat.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectPROBLEM SOLVINGen_US
dc.subjectPAKET TES BERPIKIR KREATIF MATEMATIKAen_US
dc.titlePENGEMBANGAN PAKET TES BERPIKIR KREATIF MATEMATIKA TIPE PROBLEM SOLVING UNTUK SISWA KELAS VIII SMPen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record