Show simple item record

dc.contributor.advisorSunardi
dc.contributor.advisorLestari, Nurcholif Diah Sri
dc.contributor.authorFitriyani, Ida
dc.date.accessioned2015-12-11T13:21:40Z
dc.date.available2015-12-11T13:21:40Z
dc.date.issued2015-12-11
dc.identifier.nim100210101051
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/67395
dc.description.abstractPendidikan memegang peranan penting untuk menciptakan kehidupan yang cerdas, damai, terbuka dan demokratis. Oleh karena itu pembaharuan pendidikan harus selalu dilakukan untuk meningkatkan kualitas pendidikan nasional. Ada tiga hal utama yang perlu diperhatikan dalam konteks pembaharuan pendidikan salah satunya adalah pembaharuan kurikulum. Berkaitan dengan pembaharuan kurikulum, tercatat beberapa perubahan kurikulum dari awal kemerdekaan sampai sekarang yang diawali pada tahun 1947 diresmikan rencana pelajaran sampai sekarang yang baru diimplementasikan adalah kurikulum 2013. Kurikulum 2013 menjanjikan lahirnya generasi penerus bangsa yang produktif, kreatif, inovatif dan berkarakter. Ada beberapa faktor (kunci sukses) dalam menentukan keberhasilan kurikulum 2013, salah satunya adalah kreativitas guru. Pro kontra tentang implementasi kurikulum 2013 tidak dapat dihindari, karena bagi sejumlah guru merasa masih sulit dalam menerapkan kurikulum 2013. Berdasarkan hasil wawancara dengan salah satu guru matematika diperoleh keterangan bahwa sekolah sudah siap melaksanakan kurikulum 2013, namun masih mengalami kendala karena kurikulum 2013 baru diterapkan 1 semester. Berdasarkan hal tersebut, dilakukan penelitian tentang respon guru matematika kelas VII terhadap implementasi kurikulum 2013 yang meliputi respon terhadap pembelajaran, penilaian, sarana dan prasarana serta pelaksanaan kurikulum 2013. Pada penelitian ini dilakukan analisis terhadap Respon Guru Matematika SMP Negeri Kelas VII di Kabupaten Jember Terhadap Implementasi Kurikulum 2013. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang didahului dengan pengembangan instrumen angket/kuisioner respon guru matematika terhadap implementasi kurikulum 2013. Pendeskripsian pada penelitian ini dilakukan dengan cara memberikan gambaran mengenai repon guru terhadap pembelajaran, penilaian, sarana dan prasarana, dan pelaksanaan kurikulum 2013. Instrumen yang digunakan adalah lembar angket/kuisioner, lembar pedoman wawancara, serta lembar validasi angket/kuisioner dan pedoman wawancara. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode angket, metode wawancara dan metode dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif model Miller and Hubberman. Data yang dianalisis adalah data hasil validasi instrumen dan hasil angket/kuisioner. Berdasarkan data hasil validasi instrumen, maka diperoleh bahwa instrumen tersebut valid dengan koefisien kevalidan 3,16. Maka instrumen analisis tersebut dapat digunakan tanpa dilakukan revisi. Selanjutnya dilakukan analisis hasil angket/kuisioner dan wawancara. Hasil analisis menunjukkan bahwa respon guru terhadap pembelajaran dengan implementasi kurikulum 2013 semua subjek penelitian sudah menggunakan model yang sesuai dengan acuan kurikulum 2013 seperti PBL dan discovery learning, serta menggunakan pendekatan saintifik dalam proses pembelajaran walaupun ada 5 guru yang menyatakan sudah menggunakan tetapi belum bisa maksimal. Respon guru terhadap penilaian secara keseluruhan subjek penelitian sudah menggunakan penilaian autentik walaupun masih mengalami kesulitan pada ranah sikap, karena indikator penilaian sikap terlalu banyak namun waktu belajar terbatas. Respon guru terhadap sarana dan prasarana yang meliputi silabus dan buku yang disediakan pemerintah seluruh subjek penelitian menggunakan silabus dan buku dari pemerintah walaupun ada dua subjek penelitian yang kurang setuju dengan silabus pemerintah tetapi tetap menggunakan. Sedangkan respon guru terhadap pelaksanaan kurikulum 2013 secara keseluruhan subjek penelitian sudah menerapkan kurikulum 2013 walaupun ada tiga guru yang kurang setuju karena penilaian pada kurikulum 2013 terlalu banyak.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectRESPON GURUen_US
dc.subjectIMPLEMENTASI KURIKULUMen_US
dc.titleANALISIS RESPON GURU MATEMATIKA SMP NEGERI KELAS VII DI KABUPATEN JEMBER TERHADAP IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013en_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record