Show simple item record

dc.contributor.advisorLesmono, Albertus Djoko
dc.contributor.advisorYushardi
dc.contributor.authorFAUZIAH, SAYIDATI
dc.date.accessioned2015-12-11T12:51:02Z
dc.date.available2015-12-11T12:51:02Z
dc.date.issued2015-12-11
dc.identifier.nim100210102099
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/67388
dc.description.abstractFisika dalam pembelajaran atau pelaksanaan pendidikan tidak hanya menyangkut dua aspek proses dan produk, tetapi lebih dari itu dalam aspek proses diharapkan dapat memunculkan keterlibatan sikap ilmiah dalam individu. Keterlibatan sikap ilmiah yang dimaksudkan dalam aspek proses merupakan perilakuperilaku seseorang yang menyangkut percaya diri, menilai secara objektif dan jujur, menangguhkan keputusan dengan mempertimbangkan data baru, menghadapi kritik atau opini dan lainnya. Oleh karena itu, perlu diterapkan suatu model pembelajaran yang membuat siswa aktif dalam pembelajaran, salah satunya adalah dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif berbasis Somatic, Auditory, Visualization and Intellectually (SAVI) disertai metode eksperimen. Tujuan penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan aktivitas belajar Fisika siswa selama proses belajar mengajar menggunakan model pembelajaran Kooperatif berbasis Somatic, Auditory, Visualization and Intellectually (SAVI) disertai metode eksperimen, (2) Mengkaji perbedaan hasil belajar Fisika menggunakan model pembelajaran Kooperatif berbasis Somatic, Auditory, Visualization and Intellectually (SAVI) disertai metode eksperimen dengan pembelajaran yang biasa dilakukan dalam pembelajaran fisika di SMA. Jenis penelitian ini adalah “quasi eksperimental”, dengan tempat penelitian ditentukan menggunakan metode purposive sampling area. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 4 Jember. Sampel penelitian ditentukan setelah dilakukan uji homogenitas terhadap populasi. Penentuan sampel penelitian menggunakan teknik purposive sampling, yaitu sengaja menentukan 2 kelas yang mempunyai nilai ratarata ulangan harian sama atau beda nilai rata-rata ulangan harian terkecil kemudian diundi untuk menentukan kelas kontrol dan kelas eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah post-test control design. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis penelitian adalah Independent-Sample T-test dengan bantuan SPSS 16. Hasil analisis aktivitas belajar siswa selama pembelajaran Fisika menggunakan model pembelajaran Kooperatif berbasis Somatic, Auditory, Visualization and Intellectually (SAVI) disertai metode eksperimen menunjukkan bahwa aktivitas belajar Fisika siswa dapat dikategorikan aktif dengan persentase sebesar 73,38%. Persentase aktivitas tertinggi adalah melakukan eksperimen dengan persentase sebesar 80,47% dan persentase terendah adalah menuliskan kesimpulan dengan persentase sebesar 61,43%. Hasil analisis data menggunakan Uji t untuk mengetahui perbedaan hasil belajar Fisika antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol, didapatkan ada perbedaan yang signifikan hasil belajar Fisika antara kelas eksperimen dan kelas kontrol, dimana hasil belajar kelas eksperimen lebih besar dibandingkan kelas kontrol. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh, maka kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) aktivitas belajar siswa selama mengikuti proses belajar mengajar menggunakan model pembelajaran Kooperatif berbasis Somatic, Auditory, Visualization and Intellectually (SAVI) disertai metode eksperimen termasuk dalam kategori sangat aktif, (2) Ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar Fisika menggunakan model pembelajaran Kooperatif berbasis Somatic, Auditory, Visualization and Intellectually (SAVI) disertai metode eksperimen dengan pembelajaran pembelajaran yang biasa dilakukan dalam pembelajaran Fisika di SMA.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectSomatic, Auditory, Visualization and Intellectuallyen_US
dc.subjectSAVIen_US
dc.subjectMetode Eksperimenen_US
dc.titlePENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF BERBASIS SOMATIC, AUDITORY, VISUALIZATION AND INTELLECTUALLY (SAVI) DISERTAI METODE EKSPERIMEN DALAM PEMBELAJARAN FISIKA DI SMAen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record