Show simple item record

dc.contributor.advisorLesmono, Albertus Djoko
dc.contributor.advisorPrihandono, Trapsilo
dc.contributor.authorPuspitasari, Rini
dc.date.accessioned2015-12-11T12:45:55Z
dc.date.available2015-12-11T12:45:55Z
dc.date.issued2015-12-11
dc.identifier.nim100210102083
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/67387
dc.description.abstractBerdasarkan kurikulum 2013 pembelajaran IPA saat ini menggunakan pendekatan saintifik (sciencetific) уаnɡ mengadopsi langkah-langkah saintis ԁаƖаm membangun pengetahuan melalui metode ilmiah. Pelaksanaan metode ilmiah menuntut siswa untuk melakukan suatu kerja ilmiah. Namun pada kenyataannya guru sangat jarang menerapkan kinerja dalam pembelajaran IPA, walaupun karakteristik materi yang diajarkan sangat cocok diterapkan kinerja ilmiah. Hal ini menyebabkan timbulnya masalah yaitu kekurangmampuan siswa dalam melakukan kerja ilmiah. Selain itu hasil belajar siswa juga rendah disebabkan kurang optimalnya pembelajaran di sekolah dimana siswa masih belum diikutsertakan secara maksimal dalam pembelajaran dan siswa masih belum ditekankan untuk dapat menemukan dan membangun sendiri pengetahuannya melalui kegiatan eksperimen. Oleh karena itu, diperlukan model pembelajaran yang dapat meningkatkan keterampilan kerja ilmiah dan hasil belajar siswa dengan mengkonstruk atau membangun pengetahuan dalam diri mereka sendiri. Salah satu model pembelajaran yang bersifat konstruktivisme adalah model POE (Prediction, Observation and Explanation) disertai media audiovisual. Media audiovisual merupakan gabungan media audio (suara) dan media visual (gambar). Media audiovisual mampu menarik minat dan perhatian siswa dalam belajar. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan keterampilan kerja ilmiah siswa dengan menggunakan model pembelajaran POE (Prediction, Observation and Explanation) disertai media audiovisual dalam pembelajaran IPA-Fisika di SMP dan (2) mengkaji pengaruh model pembelajaran POE (Prediction, Observation and Explanation) disertai media audiovisual terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA-Fisika di SMP. Jenis Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang dilaksanakan di SMP Negeri 1 Jember. Responden penelitian ditentukan setelah uji homogenitas, jumlah populasi kelas VIII sebanyak 10 kelas dan diambil 2 kelas sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Penentuan sampel penelitian dengan cluster random sampling. Desain penelitian menggunakan Posttest-Only Control Design. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi observasi, portofolio, dokumentasi, tes, dan wawancara. Sumber data berasal dari penilaian oleh peneliti, penilaian observer dan post-test. Teknik analisis data menggunakan Independent Samples T-test dengan bantuan software SPSS 16 untuk menjawab rumusan masalah yang kedua. Hasil analisis keterampilan kerja ilmiah menggunakan analisis deskriptif diperoleh nilai rata-rata keterampilan kerja ilmiah adalah 3,45 dengan kriteria sangat baik. Begitu pula pada analisis hasil belajar menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar IPA-Fisika siswa kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Namun hasil analisis data menggunakan Independent-Sample T-test diperoleh Sig. (2-tailed) sebesar 0,723 > 0,05. Nilai sig (2-tailed) > 0,05 sehingga H0 diterima dan H1 ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen tidak berbeda dengan kelas kontrol. Berdasarkan analisis data yang diperoleh, maka kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) Keterampilan kerja ilmiah siswa kelas VIII SMPN 1 Jember selama mengikuti pembelajaran IPA-Fisika menggunakan menggunakan model POE (Prediction, Observation and Explanation) disertai media audiovisual tergolong dalam kriteria sangat baik dengan nilai rata-rata keterampilan kerja ilmiah adalah 3,45. (2) Model pembelajaran POE disertai media audiovisual tidak berpengaruh terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA-Fisika di SMP.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectMODEL PEMBELAJARAN POEen_US
dc.subjectPREDICTION, OBSERVATION AND EXPLANATION)en_US
dc.subjectMEDIA AUDIOVISUALen_US
dc.titlePENGARUH MODEL PEMBELAJARAN POE (PREDICTION, OBSERVATION AND EXPLANATION) DISERTAI MEDIA AUDIOVISUAL TERHADAP KETERAMPILAN KERJA ILMIAH DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA-FISIKA DI SMPen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record