• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RESOURCE BASED LEARNING (RBL) DIKOMBINASIKAN DENGAN SNOWBALL THROWING TERHADAP METAKOGNISI DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI

    Thumbnail
    View/Open
    Risa Febriani - 110210103052.pdf (9.457Mb)
    Date
    2015-12-11
    Author
    Febriani, Risa
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pembelajaran biologi saat ini dimaknai sebagai cara berpikir dan bertindak (a way of thinking and acting) dan cara penyelidikan ilmiah (a way of investigating) (Susanto, 2010). Hal ini terkait dengan kurikulum 2013, yang bertujuan mendorong siswa, mampu lebih baik dalam melakukan observasi, bertanya, bernalar, dan mengkomunikasikan, apa yang mereka peroleh setelah menerima materi pembelajaran. Kemampuan metakognitif telah mendapatkan perhatian dalam Kurikulum 2013. Keterampilan metakognitif dan prestasi akademik memiliki hubungan positif yang dapat diberdayakan (Coutinho, 2007). Model pembelajaran berbasis metakognitif memandang belajar sebagai usaha menyadarkan siswa dalam mengendalikan aktivitas belajarnya (Moore, 2004). Salah satu caranya yakni dengan menerapkan model pembelajaran Resource Based Learning (RBL). Berkaitan dengan peningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Resource Based Learning (RBL) perlu diringi suatu proses pembelajaran yang menarik dan dapat memotivasi siswa agar dapat diperoleh hasil belajar yang maksimal. Salah satu model pembelajaran yang menarik dan menghibur siswa adalah dengan menerapkan model pembelajaran permainan yakni Snowball Throwing atau melempar bola salju (Hamid, 2011:207). Tujuan dari penelitian ini yang pertama untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Resource Based Learning (RBL) dikombinasikan dengan Snowball Throwing terhadap metakognisi siswa. Tujuan kedua yakni untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Resource Based Learning (RBL) dikombinasikan dengan Snowball Throwing terhadap hasil belajar biologi. Jenis penelitian ini yakni penelitian quasi eksperimental. Kegiatan pengumpulan data dilakukan dengan pengukuran metakognisi menggunakan angket MAI, tes hasil belajar siswa (soal pretes dan postes), observasi mengajar, dokumentasi, dan wawancara terhadap guru maupun siswa. Hasil dari data metakognisi siswa menunjukkan bahwa pada kelas eksperimen sebelum diberi perlakuan menunjukkan nilai metakognisinya sebesar 145,1 ± 38,1, kemudian setelah diberi perlakuan sebesar 150,2 ± 39,3, selisih diantara keduanya yakni sebesar 5,1. Hasil dari data metakognisi siswa pada kelas kontrol sebelum perlakuan yakni sebesar 147,6 ± 28,5, setelah perlakuan sebesar 148,1 ± 28,7 dan untuk selisih diantara keduanya sebesar 0,5. kriteria nilai dari kedua kelas tersebut yakni B ((138,5–172,9)/ Oke) dengan penjelasan yakni sadar akan berpikir sendiri dan bisa membedakan tahap-tahap input-elaborasi-output pikirannya sendiri. Kadang-kadang menggunakan model untuk mengatur berpikir dan belajarnya sendiri. Berdasarkan hasil analisis ANAKOVA data terhadap hasil belajar kognitif (nilai pretest dan posttes) siswa diketahui bahwa besarnya nilai signifikansi 0,025 (<0,05). Hal ini berarti H0 ditolak dan H1 diterima yang menyatakan bahwa model pembelajaran Resource Based Learning (RBL) dikombinasikan dengan Snowball Throwing berpengaruh terhadap hasil belajar kognitif siswa. Berdasarkan analisis dengan uji t dari hasil belajar afektif dapat diketahui besarnya nilai signifikansi 0,000 (<0,05), hal ini berarti bahwa H0 ditolak dan H1 diterima, dengan artian bahwa model pembelajaran Resource Based Learning (RBL) dikombinasikan dengan Snowball Throwing berpengaruh terhadap hasil belajar afektif siswa. Kesimpulan dari penelitian ini adalah model pembelajaran Resource Based Learning (RBL) dikombinasikan dengan Snowball Throwing dapat meningkatkan metakognisi dan berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar biologi siswa (hasil belajar kognitif dan afektif).
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/67365
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15423]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository