dc.description.abstract | Model pembelajaran ARIAS merupakan salah satu altematif yang dapat
digunakan oleh guru sebagai dasar melaksanakan kegiatan pembelajaran dalam
usaha meningkatkan motivasi berprestasi dan hasil belajar siswa. Model
pembelajaran ARIAS berisi lima komponen yaitu assurance, relevance, mrerest.
assessment dan satisfaction yang merupakan satu kesatuan yang diperlukan dalam
kegiatan pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) adalah
perbedaan yang signifikan antara hasil belajar fisika siswa yang menggunakan
model pembelajaran ARIAS dengan hasil belajar fisika siswa yang menggunakan
model pembelajaran konvensional 2) seberapa besar efektifitas relatif penggunaan
model ARIAS dalam pembelajaran fisika. Penelitian ini bertujuan l) untuk
mengetahui ada tidaknya perbedaan yang signifikan antara hasil belajar fisika
siswa yang menggunakan model pembelajaran ARIAS dengan hasil belajar fisika
siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional 2) untuk mengetahui
seberapa besar efektifitas relatif penggunaan model ARIAS dalarn pembelajaran
fisika Adapun salah satu manfaat penelitian ini yaitu sebagai masukan tentang
altematif penggunaan model pembelajaran. Tempat dan waktu penelitian
ditentukan dengan metode purpossive samplmg area, desain penelitian
menggunakan control pre - tes - post - test, responden penelitian ditentukan
dengan metode cluster sampling. Pengumpulan data melalui dokumentasi,
observasi, angket dan tes. Hasil tes dan angket dianalisa dengan uji statistik
sedangkan basil dokumentasi dan observasi diinterpretasikan. Hasil uji t-tes
sebesar 1,77 dan t-tabel sebesar 1,65 yang berarti ada perbedaan signifikan antara
hasil belajar fisika siswa yang menggunakan model pembelajaran ARIAS dengan
hasil belajar fisika siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional.
Hasil uji efektifitas menunjukkan bahwa efektifitas relatif penggunaan model
ARIAS dalam pembelajaran fisika sebesar 8,47% dan termasuk dalam kriteria
tidal< efektif | en_US |