Show simple item record

dc.contributor.advisorSuratno
dc.contributor.advisorMurdiyah, Siti
dc.contributor.authorKhoiriyah, Binti Azizatul
dc.date.accessioned2015-12-07T10:12:46Z
dc.date.available2015-12-07T10:12:46Z
dc.date.issued2015-12-07
dc.identifier.nim110210103058
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/67007
dc.description.abstractUpaya yang dilakukan pemerintah untuk meningkatkan mutu pendidikan salah satunya adalah perubahan kurikulum. Perubahan dalam proses pembelajaran yang awalnya berpusat pada guru berubah menjadi pembelajaran yang berpusat pada siswa, sehingga siswa diupayakan untuk aktif mencari tahu pengetahuannya sendiri. Salah satu cara agar siswa lebih aktif yaitu dengan menerapkan model integrasi Mind Map dan Question Student Have. Kedua model pembelajaran tersebut merupakan model pembelajaran yang bertujuan mengutamakan peran serta siswa untuk aktif dalam proses pembelajran IPA biologi di kelas serta memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengemukakan gagasan, ide dan pemikiran dalam proses pembelajaran. Model Question Student Have mengajak siswa aktif dalam pembelajaran dengan kegiatan mengemukakan gagasan dan ide melalui pertanyaan yang diajukan siswa. Model Mind Map mengajak siswa aktif dalam pembelajaran dengan mengemukakan gagasan atau ide melalui pemetaan pikiran. Oleh karena itu perlu dilakukan penelitian mengenai pengaruh model integrasi Mind Map dan Question Student Have terhadap keterampilan berpikir ritis dan hasil belajar IPA biologi siswa kelas VII SMPN 10 Jember. Tujuan dari penelitian antara lain: (1) untuk mengetahui pengaruh model integrasi Mind Map dan Question Student Have terhadap keterampilan berpikir kritis siswa Kelas VII di SMPN 10 Jember; (2) mengetahui pengaruh model integrasi Mind Map dan Question Student Have terhadap hasil belajar siswa Kelas VII di SMPN 10 Jember. Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 10 Jember pada kelas VII H (kelas kontrol) dan kelas VII G (kelas eksperimen) tahun pelajaran 2014/2015. Penelitian ini menggunakan teknik quasi eksperimen. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, tes, dan wawancara. Untuk peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa data yang diperoleh dianalisis dengan Independent t-test dan hasil belajar siswa kognitif dan afektif data yang diperoleh dianalisis dengan Independent t-test. Penelitian dilaksanakan mulai tanggal 19 Mei 2015 sampai 25 Mei 2015. Data yang dikumpulkan yaitu penilaian aktivitas guru, penilaian kognitif dan afektif siswa berupa lembar observasi. Perbedaan keterampilan berpikir kritis siswa berbeda signifikan (p=0,00) antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Skor rerata keterampilan berpikir kritis kelas kontrol lebih rendah sebesar 10,11 pada kelas kontrol dan 7,10 pada kelas eksperimen. Penggunaan Model integrasi Mind Map dan Question Student Have berbeda terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas VII SMP Negeri 10 Jember dengan perbedaan rata-rata nilai pre-test dan post-test siswa adalah 43,60 dan 77,74, adapun kelas kontrol perbedaan rata-rata nilai pre-test dan post-test siswa adalah 37,09 dan 64,44. Rerata nilai pre-test dan post-test kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol dengan probabilitas (p) < 0,05. Pada hasil belajar afektif berbeda secara signifikan dengan probabilitas (p) < 0,05, skor rerata nilai afektif pada kelas kontrol yaitu 58,66 dan kelas eksperimen sebesar 69,98. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Model integrasi Mind Map dan Question Student Have di SMP Negeri 10 Jember berbeda secara signifikan sehingga dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectINTEGRASI MIND MAP DAN QUESTION STUDENT HAVEen_US
dc.subjectBERPIKIR KRITISen_US
dc.subjectHASIL BELAJARen_US
dc.titlePENGARUH MODEL INTEGRASI MIND MAP DAN QUESTION STUDENT HAVE TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR IPA BIOLOGI SISWA KELAS VII SMPN 10 JEMBERen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record