Show simple item record

dc.contributor.advisorBektiarso, Singgih
dc.contributor.advisorAgustiningsih
dc.contributor.authorMartindasari, Winda Pratama
dc.date.accessioned2015-12-07T09:58:43Z
dc.date.available2015-12-07T09:58:43Z
dc.date.issued2015-12-07
dc.identifier.nim110210204054
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/67005
dc.description.abstractPenelitian ini dilakukan di SDN Kebonsari 01 Jember dimulai tanggal 26 Januari hingga 05 Februari 2015. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimental dengan desain pre-test post-test control group design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN Kebonsari 01 Jember, yang berjumlah 46 siswa dari kelas VA dan 43 siswa dari kelas VB. Sebelum menentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol, dilakukan uji homogenitas terhadap populasi untuk mengetahui kemampuan awal yang dimiliki siswa sebelum diberi perlakuan. Data uji x homogenitas diperoleh dari nilai UAS IPA semester ganjil 2014/2015. Hasil perhitungan uji homogenitas menunjukkan nilai t0 = 1,284, kemudian nilai t0 dibandingkan dengan nilai ttabel dengan db = 87 pada taraf signifikansi 5% adalah sebesar 1,991. Nilai tersebut membuktikan bahwa t0 < ttabel (1,284 < 1,991) yang berarti kemampuan awal siswa sebelum diberi perlakuan adalah homogen. Selanjutnya menentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan teknik undian, dan diperoleh hasil kelas VA sebagai kelas eksperimen dan kelas VB sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode tes. Skor test siswa berupa nilai hasil pre-test dan post-test dianalisis dengan menggunakan rumus uji t karena hanya terdapat dua kelas. Hasil perhitungan rumus uji t diperoleh thitung = 2,878, nilai ini kemudian dibandingkan dengan ttabel dengan db = 87 pada taraf signifikansi 5% adalah sebesar 1,991. Berdasarkan hasil tersebut diketahui bahwa thitung > ttabel (2,878 > 1,991), yang berarti hipotesis nihil (H0) yang berbunyi tidak ada pengaruh positif yang signifikan dari penggunaan media video terhadap hasil belajar tema organ tubuh manusia pada siswa kelas V SDN Kebonsari 01 Jember tahun pelajaran 2014/2015 ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) yang berbunyi ada pengaruh positif yang signifikan dari penggunaan media video terhadap hasil belajar tema organ tubuh manusia dan hewan pada siswa kelas V SDN Kebonsari 01 Jember tahun pelajaran 2014/2015 diterima. Hasil perhitungan keefektifan relatif dari penggunaan media video terhadap hasil belajar adalah 33,437%, yang mempunyai arti bahwa siswa yang diajar dengan menggunakan media video hasil belajarnya lebih baik 33,437% daripada siswa yang diajar tanpa menggunakan media video. Berdasarkan hasil analisis tersebut, diperoleh kesimpulan bahwa ada pengaruh positif yang signifikan dari penggunaan media video terhadap hasil belajar tema organ tubuh manusia dan hewan pada siswa kelas V SDN Kebonsari 01 Jember tahun pelajaran 2014/2015, atau dengan kata lain siswa yang diajar dengan menggunakan media video hasil belajarnya lebih baik 33,437% daripada siswa yang diajar tanpa menggunakan media video. Media video ini diharapkan dapat digunakan oleh guru untuk memperjelas materi yang bersifat abstrak sehingga dapat lebih mudah dipahami oleh siswa serta dapat meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectMedia Videoen_US
dc.subjectTema Organ Tubuh Manusia dan Hewanen_US
dc.titlePENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VIDEO TERHADAP HASIL BELAJAR TEMA ORGAN TUBUH MANUSIA DAN HEWAN PADA SISWA KELAS V SDN KEBONSARI 01 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2014/2015en_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record