Show simple item record

dc.contributor.advisorSatrijono, Hari
dc.contributor.advisorYuliati, Nanik
dc.contributor.authorAgnestria, Rizki
dc.date.accessioned2015-12-07T08:00:17Z
dc.date.available2015-12-07T08:00:17Z
dc.date.issued2015-12-07
dc.identifier.nim110210204036
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/66946
dc.description.abstractRumusan masalah dalam penelitian ini adalah “adakah pengaruh penggunaan Strategi Aktivitas Membaca Berpikir Terbimbing dengan Membaca Teknik terhadap hasil belajar Membaca Intensif siswa kelas IV SDN Krembung I Sidoarjo”. Tujuan dari penelitian ini adalah “untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penggunaan Strategi Aktivitas Membaca Berpikir Terbimbing dengan Membaca Teknik terhadap hasil belajar Membaca Intensif siswa kelas IV SDN Krembung I Sidoarjo”. Penelitian ekperimental dengan menggunakan desain pre-test post-test control group design ini dilaksanakan di kelas IV SDN Krembung I Sidoarjo. Populasi dalam penelitian adalah kelas IV dengan jumlah 71 siswa yang terdiri atas 35 siswa kelas IV A dan 36 siswa kelas IV B. Responden penelitian ditentukan setelah uji homogenitas menggunakan analisis varian. Hasil perhitungan uji homogenitas diperoleh harga t0 = 0.112, harga t0 ini dikonsultasikan dengan harga tt dengan dbk = 1 dan dbd = 69 pada taraf signifikansi 5% yaitu 1.997, sehingga diperoleh nilai t0 < tt (0.112 < 1.997). Dengan demikian (hipotesis nihil) diterima, yaitu tidak ada perbedaan mean yang signifikan sehingga populasi dinyatakan homogen. Penentuan responden dilakukan dengan cluster random sampling dengan teknik undian, sehingga diperoleh kelas IV A sebagai kelas eksperimen dan kelas IV B sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t-test. Diperoleh harga t0 = 2.548. Harga t0 ini dikonsultasikan dengan harga tt dengan db = Nx + Ny – 2 = 69 pada taraf signifikansi 5% yaitu 1.669, sehingga diperoleh nilai t0 > tt (2.548 > 1.669). Dengan demikian hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan strategi AMBT dengan membaca teknik terhadap hasil belajar membaca intensif siswa kelas IV SDN Krembung I Sidoarjo. Saran bagi guru, hendaknya dapat digunakan sebagai bahan masukan tentang salah satu strategi pembelajaran bahasa yang mengembangkan kemampuan berpikir siswa melalui keterampilan membaca. Bagi sekolah, hendaknya dapat digunakan sebagai bahan evaluasi dan pedoman dalam meningkatkan mutu pendidikan khususnya di SDN Krembung I Sidoarjo. Bagi peneliti lain, hendaknya hasil penelitian ini dapat menjadi acuan dan bahan masukan untuk membuat inovasi baru dibidang pendidikan atau penelitian lebih lanjut.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectStrategi Aktivitas Membaca Berpikir Terbimbingen_US
dc.subjectMembaca Tekniken_US
dc.titlePENGARUH PENGGUNAAN STRATEGI AKTIVITAS MEMBACA BERPIKIR TERBIMBING DENGAN MEMBACA TEKNIK TERHADAP HASIL BELAJAR MEMBACA INTENSIF SISWA KELAS IV SDN KREMBUNG I SIDOARJOen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record