Show simple item record

dc.contributor.advisorRahayu
dc.contributor.advisorZahroul, Chumi
dc.contributor.authorJannah, Mifta Rizka Mellla
dc.date.accessioned2015-12-07T07:38:35Z
dc.date.available2015-12-07T07:38:35Z
dc.date.issued2015-12-07
dc.identifier.nim090210204050
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/66927
dc.description.abstractPembelajaran tematik terpadu (PTT) merupakan jenis pembelajaran yang memadukan beberapa mata pelajaran berdasarkan tema, sehingga peserta didik mampu memahami hubungan antar mata pelajaran secara terpadu. Pembelajaran tematik terpadu ini dilakukan untuk menciptakan konteks dalam berbagai jenis pengembangan yang terjadi sehingga apa yang dipelajari atau dibahas disajikan secara utuh dan menyeluruh, bukan bagian-bagian dari satu konsep yang utuh. Penerapan pembelajaran tematik terpadu bertujuan agar siswa tidak hanya memiliki kemampuan dalam pengetahuan saja tetapi juga produktif dan kreatif. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara yang dilakukan oleh peneliti pembelajaran di kelas V SDN Karangpring 03 Jember menunjukkan bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa rendah. Hal ini dikarenakan siswa belum memahami cara memecahkan masalah, proses pembelajarannya kurang menarik, siswa cenderung pasif, dan siswa kurang memperhatikan penjelasan guru. Oleh sebab itu, akan dilaksanakan penelitian dengan menerapkan metode problem solving. Dari latar belakang masalah tersebut, di lakukan penelitian tindakan kelas. Rumusan masalah dalam penelitian ini, yaitu :1) bagaimanakah penerapan metode problem solving dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V tema banga sebagai bangsa Indonesia di SDN Karangpring 03 Jember? Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah : 1) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V melalui penerapan metode problem solving tema bangga sebagai bangsa Indonesia di SDN Karangpring 03 Jember. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Karangpring 03 di Desa Karangpring, Kecamatan Sukorambi, Kabupaten Jember. Penelitian ini dilaksanakan pada semester gasal tahun ajaran 2014/2015. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa meningkat. Berdasarkan hasil analisis data observasi aktivitas belajar siswa yang semula pada pra siklus sebesar 37,78, meningkat menjadi 67,41 pada siklus 1, dan pada siklus 2 semakin meningkat menjadi 84,20. Hasil belajar siswa secara klasikal pada pra siklus sebesar 62,41, sedangkan pada siklus 1 meningkat menjadi 69,35, dan pada siklus 2 meningkat menjadi 83,37. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah penerapan metode Problem Solving pada tema Bangga Sebagai Bangsa Indonesia dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar pada siswa kelas V SD Negeri Karangpring 03 Jember. Saran untuk guru, metode problem solving dapat digunakan sebagai alternatif dalam kegiatan pembelajaran untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Bagi siswa, lebih meningkatkan kreativitas dalam belajar dan memecahkan masalah dengan model atau metode pembelajaran yang menyenangkan. Saran untuk peneliti yang lain, diharapkan hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai pengembangan pembelajaran dan pengalaman untuk kegiatan pembelajaran selanjutnya.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectMetode Problem Solvingen_US
dc.subjectAktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas Ven_US
dc.titlePENERAPAN METODE PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V TEMA BANGGA SEBAGAI BANGSA INDONESIA DI SDN KARANGPRING 03 JEMBERen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record