dc.description.abstract | Pembelajaran dikatakan berhasil apabila siswa merasa senang belajar dan
tujuan pembelajaran tercapai termasuk dalam pembelajaran matematika. Untuk itu,
guru harus menyiapkan secara matang semua kebutuhan sebelum pembelajaran
matematika dimulai yang berupa perangkat pembelajaran. Salah satu penyebab siswa
tidak menyukai pembelajaran matematika adalah keabstrakan objek matematika dan
anggapan siswa bahwa matematika itu sulit, karena berkaitan dengan menghafal
rumus dan berhitung. Salah satu cara mengurangi keabstrakan tersebut adalah
mengaitkan materi dengan kehidupan nyata siswa dengan tingkat berfikir ilmiah.
Untuk itu, pendekatan Scientific diterapkan dalam pembelajaran matematika dan
dijadikan dasar mengembangkan perangkat pembelajaran.
Tujuan penelitian ini untuk: (1) mendeskripsikan proses pengembangan
perangkat pembelajaran berorientasi pendekatan pendekatan Scientific Tema Bangga
Sebagai Bangsa Indonesia Materi Volume Kubus dan Balok Untuk Kelas V Sekolah
Dasar, (2) mendeskripsikan hasil pengembangan perangkat pembelajaran berorientasi
pendekatan Scientific Tema Bangga Sebagai Bangsa Indonesia Materi Volume Kubus
dan Balok Untuk Kelas V Sekolah Dasar. Perangkat pembelajaran yang
dikembangkan meliputi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), buku siswa,
Lembar Kerja Siswa (LKS), dan Tes Hasil Belajar (THB) yang berorientasi
pendekatan Scientific.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Model pengembangan
yang digunakan beracuan pada model Thiagarajan yang dimulai dengan menetapkan
kebutuhan pembelajaran pada tahap pendefinisian. Proses selanjutnya adalah
merancang prototipe (draft I) perangkat pembelajaran yang dimulai dengan membuat
kisi-kisi perangkat dan merancang alat evaluasi, pemilihan media dan format serta
perancangan awal. Proses pengembangan selanjutnya adalah validasi serta uji coba
perangkat pembelajaran di kelas V SDN Sumbersari 02 Jember. Berdasarkan hasil
penelitian dan validasi, perangkat pembelajaran direvisi dan hasilnya disebut (draft II)
yang layak untuk diujicobakan. Hasil uji coba digunakan sebagai masukan untuk
memperbaiki kualitas perangkat pembelajaran dan hasilnya merupakan produk akhir
yang siap disebarkan.
Hasil pengembangan berupa perangkat pembelajaran berorientasi pendekatan
Scientific Tema Bangga Sebagai Bangsa Indonesia Materi Volume Kubus dan Balok
untuk Kelas V Sekolah Dasar yang terdiri atas RPP, buku siswa, LKS, dan THB yang
telah dikategorikan baik karena memenuhi tiga kriteria yaitu:
a) valid, diperoleh dari hasil validasi perangkat pembelajaran (RPP, buku siswa,
LKS, dan THB), karena koefisien validitasnya > 0,60 yaitu berturut-turut adalah
1,00; 0,96; 0,98; dan 0,98. Koefisien tersebut menunjukkan bahwa perangkat
layak digunakan;
b) praktis, diperoleh dari hasil analisis lembar observasi yang menunjukkan
persentase aktivitas guru model selama dua pertemuan stabil yaitu mencapai
persentase 96,00%. Persentase ini menunjukkan perangkat mudah digunakan
oleh guru;
c) efektif, diperoleh dari hasil analisis: (1) persentase aktivitas belajar siswa yang
berkategori baik dari pertemuan 1 dan 2 yaitu 92% dan 100%, (2) persentase
respon positif siswa terhadap perangkat pembelajaran dan proses pembelajaran
yaitu > 80%, (3) lebih dari 80% siswa di kelas V SDN Sumbersari 02 Jember
mendapat skor > 60 dan validitas butir soal tes hasil belajar menunjukkan
interpretasi tinggi dan derajat reliabilitasnya tinggi. Efektifitas tersebut
menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran dapat digunakan untuk mencapai
tujuan pembelajaran. | en_US |