Show simple item record

dc.contributor.advisorSunardi
dc.contributor.advisorSugiarti, Titik
dc.contributor.authorKarimah, Alivi Lutfil
dc.date.accessioned2015-12-07T04:39:13Z
dc.date.available2015-12-07T04:39:13Z
dc.date.issued2015-12-07
dc.identifier.nim110210204023
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/66841
dc.description.abstractPenelitian dilaksanakan di SDN Patrang 01 Jember. Responden yang diambil yaitu seluruh siswa kelas IV yang terdiri dari 70 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes. Data yang diperoleh dengan menggunakan metode tes merupakan data utama dalam penelitian ini. Kelas ekperimen dan kelas kontrol ditentukan dengan uji homogenitas. Data uji homogenitas diperoleh dari hasil ulangan harian matematika pada tema 3 subtema 3. Hasil perhitungan secara manual dan menggunakan SPSS mendapatkan harga = 0,569, selanjutnya harga dikonsultasikan dengan harga , dengan = 1 dan = 68 pada taraf signifikansi 5% dan didapat = 1,995. Berdasarkan nilai = 1,995 dan nilai = 0,569, maka < . Dengan demikian tidak ada perbedaan mean yang signifikan antara kelas IVA dan IVB, hal ini menunjukkan tingkat kemampuan awal siswa sebelum diberikan perlakuan adalah homogen. Selanjutnya, kelas dipilih dengan pengundian dan didapat kelas IV A sebagai kelas kontrol dan kelas IV B sebagai kelas eksperimen. Analisis statistik uji-t dilakukan dengan 2 cara, yaitu menghitung secara manual dan menggunakan program SPSS. Berdasarkan perhitungan manual dan menggunakan program SPSS diperoleh nilai rata-rata beda pre-test dan post-test pada kelas eksperimen ( ) sebesar 18,42857 sedangkan nilai rata-rata beda pre-test dan post-test pada kelas kontrol ( ) sebesar 11,39286. Deviasi nilai individu dari kelas eksperimen (Σ ) diperoleh sebesar 11971,88889 dan hasil kelas kontrol (Σ ) sebesar 4842,75. Hasil perhitungan dengan rumus uji-t secara manual maupun menggunakan program SPSS diperoleh = 2,247, harga ini kemudian dikonsultasikan dengan dengan = 68, pada taraf signifikansi 5% dan didapat = 1,995. Berdasarkan analisis tersebut diperoleh > (2,247 > 1,995), dengan demikian hipotesis nihil ( ) ditolak dan hipotesis alternatif ( ) diterima. Jadi terdapat pengaruh yang signifikan pembelajaran dengan menerapkan teori Van Hiele terhadap hasil belajar matematika pokok bahasan luas segitiga, persegi panjang dan persegi pada siswa kelas IV SDN Patrang 01. Guru dapat menerapkan Teori Van Hiele dalam pembelajaran geometri. Karena berdasarkan hasil penelitian yang sudah dilakukan, penggunaan teori Van Hiele dalam pembelajaran geometri terbukti lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran saintifik. Guru harus memperhatikan faktor internal yang mempengaruhi hasil belajar siswa terutama pada minat dan perhatian serta motivasi belajar siswa.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectTeori Van Hieleen_US
dc.subjectLuas Segitigaen_US
dc.subjectLuas Persegi Panjangen_US
dc.subjectLuas persegien_US
dc.titlePENGARUH PEMBELAJARAN DENGAN MENERAPKAN TEORI VAN HIELE TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA POKOK BAHASAN LUAS SEGITIGA, PERSEGI PANJANG DAN PERSEGI PADA SISWA KELAS IV SDN PATRANG 01en_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record