dc.description.abstract | Ujian Nasional merupakan kegiatan penelitian hasil belajar siswa yang akan
menyelesaikan suatu jenjang pendidikan pada jalur sekolah yang diselenggarakan
secara nasional. Namun saat ini ujian nasional menjadi momok bagi sebagian besar
siswa yang merasa tidak siap. Faktor yang mempengaruhi kurang siap siswa terhadap
ujian nasional salah satunya disebabkan karena faktor kemalasan siswa dan
kurangnya siswa melakukan latihan mengerjakan soal. Sebenarnya sarana latihan
ujian nasional sudah banyak ditemukan tapi karena faktor individu yang membuat
mereka tidak siap. Sarana yang tersedia tidak seimbang dengan minat siswa yang
lebih tertarik akan sesuatu hal yang ringkas secara praktis, bagus dan modern yang
tidak membosankan.
Salah satu media latihan soal Ujian Nasional yang praktis untuk dapat diakses
dimana saja adalah berbentuk website. Media ini dapat diakses menggunakan laptop,
tablet, komputer online bahkan dari telepon selular. Selain mudah diakses website
latihan soal Ujian Nasional juga mudah dibuat dengan bantuan CMS (Content
Management System) yang bernama Drupal. Oleh sebab itu peneliti menyajikan paket
latihan Ujian Nasional yang praktis dalam sebuah website yang dibangun dengan
menggunakan CMS drupal. CMS ini dipilih karena selain masih baru dan belum
banyak pengembang drupal memiliki keunggulan dalam pengorganisasian taksonomi
Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini mengacu pada
model pengembangan 4D (Four-D Model) yang dikemukakan oleh Thiagarajan
(1974) yang terdiri dari empat tahapan yaitu tahap pendefinisian (define), tahap
perancangan (design), tahap pengembangan (develop), tahap penyebaran
(disseminate) (Hobri, 2010:12-15).
ix
Uji coba website ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Purwoharjo Banyuwangi
dengan subyek penelitian adalah 20 siswa kelas XII IPA dan 20 siswa kelas XII IPS
yang ditentukan secara acak oleh guru Matematika disekolah tersebut. Tujuan
penelitian ini adalah mengetahui hasil pengembangan media dan mengetahui
tanggapan serta respon siswa terhadap pengembangan website latihan soal Ujian
Nasional online.
Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode angket dan
wawancara tidak terstruktur. Data hasil penilaian komponen – komponen website
latihan soal ujian nasional online yang didapat dari pengumpulan angket yang
diperoleh dianalisis menggunakan pendekatan analisis deskriptif kualitatif.
Pengumpulan data dilakukan menjadi 2 tahap yang pertama adalah
pengumpulan data untuk keperluan validitas yaitu untuk mengetahui kelayakan uji
coba media. Yang kedua adalah pengumpulan data melalui uji coba produk di tempat
penelitian.
Pada pengumpulan data tahap pertama yaitu tahap validasi yang mana media
dievaluasi oleh pakar teknologi informasi dengan perolehan persentase sebesar 90,56
% dan pakar pendidikan matematika serta guru matapelajaran diperoleh hasil dalam
bentuk peresentase sebesar 89,6 %. Hal ini menyatakan bahwa media pembelajaran
masuk dalam kategori baik dan layak untuk digunakan. Pada pengumpulan data tahap
kedua yaitu penilaian oleh siswa diperoleh hasil dalam bentuk persentase sebesar
88.76 %. Hal ini menyatakan bahwa media pembelajaran masuk dalam kategori baik
dan siap untuk dipublikasikan.
. Hasil dari pembuatan website ini adalah sebuah website dengan alamat
http://www.latihansoalonline.com berisi latihan soal sebanyak 80 soal dengan rincian
40 soal matematika jurusan IPA dan 40 soal matematika jurusan IPS yang disajikan
berbentuk multiple choice dengan soal diambil dari paket soal Ujian Nasional tahun
2014 lengkap dengan pembahasan pada masing-masing soal. Siswa juga dapat
melihat hasil latihan mengerjakan soal Ujian Nasional yang telah mereka lakukan. | en_US |