PENGARUH DAN PERANAN KUALITAS LAYANAN SERTA NILAI YANG DIRASAKAN TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA JASA DENGAN CITRA PENJUALAN LELANG DI KANTOR PELAYANAN KEKAYAAN NEGARA DAN LELANG JEMBER
Abstract
Layanan lelang merupakan salah satu layanan unggulan yang diselenggarakan
oleh Kementerian Keuangan Republik Indonesia yang dilaksanakan oleh Kantor
Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) sebagai unit operasional teknis di
bawah Direktorat Jenderal Kekayaan Negara. Penelitian ini dilakukan terhadap
KPKNL Jember dengan fenomena frekuensi pelaksanaan lelangnya yang terus
meningkat. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji dan melakukan analisis
terhadap pengaruh dan peranan kualitas layanan, nilai yang dirasakan dan kepuasan
pengguna jasa terhadap citra penjualan lelang di KPKNL Jember. Pelaksanaan
layanan lelang di KPKNL Jember kepada para penjual sebagai pengguna jasa lelang
diteliti dan dipelajari hubungannya dengan teori dan penelitian-penelitian terdahulu
tentang kualitas layanan, nilai pelanggan, kepuasan pelanggan, dan citra produk.
Penelitian ini menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) dan software
Analysis Modeling Structure (AMOS). Populasi penelitian adalah pengguna jasa
lelang yang berdasarkan peraturan perundang-undangan atau perjanjian berwenang
untuk menjual barang secara lelang. Sampel yang diambil berjumlah 150 responden
adalah pengguna jasa lelang yang sudah pernah melaksanakan lelang dan
memiliki/menguasai barang yang dijual melalui lelang di wilayah kerja KPKNL
Jember. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pengaruh kualitas layanan terhadap
kepuasan pengguna jasa lelang sebesar 0,473; 2) Pengaruh nilai yang dirasakan
terhadap kepuasan pengguna jasa lelang sebesar 0,552; 3) Pengaruh kualitas layanan
terhadap citra penjualan lelang sebesar 0,353; 4) Pengaruh nilai yang dirasakan
terhadap citra penjualan lelang di KPKNL Jember sebesar 0,464; 5) Pengaruh
kepuasan para pengguna jasa terhadap citra penjualan lelang sebesar 0,655.
Collections
- MT-Management [539]