Show simple item record

dc.contributor.advisorSuharto
dc.contributor.advisorToto Bara Setiawan
dc.contributor.authorMaulida, Aya Shofia
dc.date.accessioned2015-12-07T02:20:33Z
dc.date.available2015-12-07T02:20:33Z
dc.date.issued2015-12-07
dc.identifier.nim110210101044
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/66756
dc.description.abstractPembelajaran matematika tidak bisa lepas dari aktivitas guru dan siswa guna membangun konsep-konsep dan prinsip-prinsip matematika dengan kemampuan sendiri sehingga dapat meningkatkan kompetensi dasar dan kemampuan siswa. Salah satu tujuan matematika pada pendidikan adalah agar siswa memiliki kemampuan memahami konsep matematika, menjelaskan keterkaitan antar konsep dan mampu mengaplikasikan konsep. Dalam memahami suatu konsep siswa dibantu dengan adanya sumber dan media pembelajaran. Pengembangan media simulasi virtual atau pembelajaran berbasis komputer dapat membantu mengatasi permasalahanpermasalahan dalam pembelajaran di sekolah dan dapat memudahkan siswa dalam meningkatkan pemahaman konsep. Hal tersebut digunakan sebagai dasar pengembangan media simulasi virtual. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (a) bagaimana proses pengembangan perangkat pembelajaran berbantuan media simulasi virtual sub pokok bahasan translasi dan refleksi pada pemahaman konsep siswa kelas VII SMP Negeri 3 Jember?, (b) bagaimana hasil pengembangan perangkat pembelajaran berbantuan media simulasi virtual sub pokok bahasan translasi dan refleksi pada pemahaman konsep siswa kelas VII SMP Negeri 3 Jember?. Tujuan penelitian ini adalah: (a) mendeskripsikan proses pengembangan perangkat pembelajaran berbantuan media simulasi virtual sub pokok bahasan translasi dan refleksi pada pemahaman konsep siswa kelas VII SMP Negeri 3 Jember. (b) mendeskripsikan hasil pengembangan perangkat pembelajaran berbantuan media simulasi virtual sub pokok bahasan translasi dan refleksi pada pemahaman konsep siswa kelas VII SMP Negeri 3 Jember. Perangkat viii pembelajaran yang dikembangkan meliputi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), media simulasi virtual, Lembar Kerja Siswa (LKS), dan tes pemahaman konsep. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan model Thiagarajan, Semmel & Semmel memiliki proses pengembangan yang dimulai dengan tahap pendefinisian (define) untuk menetapkan kebutuhan pembelajaran. Tahap kedua adalah tahap perancangan draft I dan kisi-kisi tes pemahaman konsep. Tahap selanjutnya adalah tahap pengembangan perangkat pembelajaran yang divalidasi oleh para ahli dengan koefisien validitas RPP, media simulasi virtual, LKS, dan tes pemahaman konsep berturut-turut 4,5; 4,46; 4,63; dan 4,87. Kemudian dilaksanakan uji coba kelompok kecil yang menghasilkan reliabilitas dan validitas butir soal yaitu, 0,77 dan 0,75; 0,87; 0,59; 0,60; 0,92; 0,44. Kemudian direvisi dan diperolehlah draft II yang telah layak untuk diujicobakan pada kelompok besar sehingga didapat koefisien reliabilitas dan validitas butir soal 0,56 dan 0,64; 0,41; 0,60; 0,52; 0,73; 0,46. Persentase aktivitas guru mencapai 88,64% dan 97,73%. Persentase aktivitas siswa mencapai 80,88%% dan 89,71%. Persentase respon positif siswa terhadap perangkat pembelajaran dan proses pembelajaran yaitu > 80% yang ditunjukkan dengan persentase 98,9% siswa senang, 99,26% siswa memberikan pendapat baik, 100% siswa berminat dan tertarik, 100% siswa memahami bahasa, dan 100% siswa tertarik pada penampilan. Siswa kelas VII H SMP Negeri 3 Jember 3 siswa memiliki pemahaman konsep sangat tinggi, 13 siswa tinggi, 13 siswa sedang dan 5 siswa rendah. . Hasil akhir perangkat pembelajaran berbantuan media simulasi virtual merupakan produk akhir yang siap disebarkan. Pada tahap akhir (disseminate) dilakukan penyebaran perangkat dengan cara memberikan softfile dan hardcopy kepada guru matematika dan siswa kelas VII G serta VII H SMP Negeri 3 Jember, Laboratorium matematika FKIP Universitas Jember, Laboratorium matematika SMP Negeri 3 Jember kemudian mengunggah softfile ke beberapa akun media sosial di internet. Hasil pengembangan perangkat pembelajaran berbantuan media simulasi virtual pada pemahaman konsep sub pokok bahasan translasi dan refleksi telah memenuhi ix standar kelayakan untuk digunakan. Produk yang dhasilkan berupa RPP I, RPP II, media simulasi virtual, LKS I, LKS II, dan tes pemahaman konsep. Saran terhadap penelitian ini diharapkan dapat dikembangkan kembali dari penelitian media simulasi virtual yang menggunakan titik-titik tertentu menjadi titiktitik umum yang dapat dimasukkan sesuai keinginan pengguna dan semoga dapat menjadi salah satu referensi pembelajaran yang akan datang agar lebih menyenangkanen_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectMedia Simulasi Virtualen_US
dc.titlePengembangan Perangkat Pembelajaran Berbantuan Media Simulasi Virtual pada Pemahaman Konsep Siswa Sub Pokok Bahasan Translasi dan Refleksi Kelas VII SMP Negeri 3 Jember;en_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record