Show simple item record

dc.contributor.advisorSuwandari, Anik
dc.contributor.advisorKusmiati, Ati
dc.contributor.authorFardani, Lukman
dc.date.accessioned2015-12-07T01:53:45Z
dc.date.available2015-12-07T01:53:45Z
dc.date.issued2015-12-07
dc.identifier.nim101510601021
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/66732
dc.description.abstractJahe (Zingiber offinale Rosc.) merupakan tanaman obat yang banyak dikenal oleh masyarakat. Salah satu tamanan rempah dan obat-obatan yang berpotensi besar untuk dikembangkan secara komersial dan berwawasan agribisnis adalah jahe. Untuk memenuhi kebutuhan jahe diperlukan usaha peningkatan pengembangan, pembudidayaan, dan pemasaran. Dengan adanya peningkatan terhadap pemintaan jahe, maka perlu didukung sistem yang baik, sebab tanpa ada bantuan sistem pemasaran, pelaku bisnis akan rugi karena barang hasil produksinya tidak dapat dijual. Tujuan penelitian ini dilakukan yakni (1) Untuk mengetahui pola saluran pemasaran jahe gajah di Kabupaten Jember. (2) Untuk mengetahui efisiensi pemasaran jahe gajah di Kabupaten Jember. (3) Untuk mengetahui strategi pengembangan pemasaran jahe gajah di Kabupaten Jember. Penelitian ini dilakukan di Kabupaten Jember. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif, analitik dan korelatif. Metode pengambilan data menggunakan data primer dan data sekunder. Metode analisis yang digunakan pada permasalahan pertama menggunakan deskriptif, permasalahan kedua menggunakan analisis biaya dan margin pemasaran sedangkan permasalahan ketiga menggunakan bauran pemasaran (Marketing mix) 4P yakni Product, Price, Place, promotion. Hasil penelitian menunjukkan bahwa saluran pemasaran jahe gajah di Kabupaten Jember ada 3 macam yaitu saluran pemasaran tingkat I (Petani – tengkulak – Eksportir), saluran pemasaran tingkat II (Petani – Tengkulak – Pengecer – Konsumen), dan saluran pemasaran tingkat III (Petani – Tengkulak – Pedagang Besar – Pengecer – Konsumen). Saluran pemasara tinglat I merupakan saluran pemasaran yang paling efisien karena memiliki nilai MP dan efisiensi pemasaran paling kecil yakni Rp 800 dan 1,60%. Usahatani jahe gajah di Kabupaten Jember menggunakan strategi marketing mix dalam mengembangkan pemasaran jahe gajah yakni melalui kualitas dari produk, penetapan harga melalui asosiasi petani jahe gajah, memperkuat hubungan emosional dengan lembaga pemasaran dan menlakukan promosi dengan memanfaatkan sosial mediaen_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectPEMASARANen_US
dc.subjectSTRATEGI PEMASARANen_US
dc.subjectJAHE GAJAH (Zingiber offinale Rosc.)en_US
dc.titleANALISIS EFISIENSI PEMASARAN DAN STRATEGI PEMASARAN JAHE GAJAH (Zingiber offinale Rosc.) DI KABUPATEN JEMBERen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record