Show simple item record

dc.contributor.advisorWasiati, Inti
dc.contributor.advisorMurdyastuti, Anastasia
dc.contributor.authorSengchane, VILAYTHONG
dc.date.accessioned2015-12-05T04:10:15Z
dc.date.available2015-12-05T04:10:15Z
dc.date.issued2015-12-05
dc.identifier.nim110910201046
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/66602
dc.description.abstractPelayanan publik sebagai segala bentuk jasa pelayanan, baik dalam bentuk barang publik maupun jasa publik yang pada prinsipnya menjadi tanggung jawab dan dilaksanakan oleh instansi pemerintah pusat ataupun daerah dalam rangka upaya pemenuhan kebutuhan masyarakat maupun dalam rangka pelaksanaan ketentuan peraturan perundang–undangan. Sebagai sebuah lembaga, pelayanan publik menjamin keberlangsungan administrasi negara yang melibatkan pengembangan kebijakan pelayanan dan pengelolaan sumber daya yang berasal dari dan untuk kepentingan publik. Sebagai profesi, pelayanan publik berpijak pada prinsip–prinsip profesionalisme dan etika seperti akuntabilitas, efektivitas, efisiensi, integritas, netralitas, dan keadilan bagi semua penerima pelayanan. Efektivitas adalah kemampuan melaksanakan tugas, fungsi (operasi kegiatan program atau misi) daripada suatu organisasi atau sejenisnya yang tidak adanya tekanan atau ketegangan diantara pelaksanaannya. Kesuksesan organisasi sangat ditentukan oleh pegawai dalam melaksanakan kegiatan secara efektif, karena mengukur keberhasilan sebuah organisasi dapat diukur dengan konsep efektivitas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan efektivitas kerja pegawai dalam pembuatan Akta Kelahiran di kabupaten Jember. Penelitian ini akan menggunakan teori efektivitas organisasi yang dikemukakan oleh Yeremias T. Keban sebagai perbandingan pada hasil penelitiannya. Penelitian ini berlokasi di Jalan Jawan No. 18 Jember kecamatan Sumbersari kabupaten Jember terhitung mulai tanggal 13 Mei 2015 sampai 13 Juli 2015, dengan menggunakan tipe penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan datanya menggunakan teknik wawancara, pengamatan dan dokumentasi. Penentuan informan dalam penelitian ini menggunakan metode purpose sampling, yaitu dengan teknik penentuan informan dengan pertimbangan tertentu. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan model interaktif yang dikemukakan oleh Supoto. Dari hasil penelitian ini diharpkan dapat dimanfaatkan sebagai satu bentuk pengelolahan dan mengendalikan sumber daya manusia secara efektif dan efisien agar kondisi dalam organisasi dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kinerja pegawai khususnya pegawai Dispenduk Capil Jember dalam pelayanan pembuatan Akta Kelahiran berkualitas dan berkuantitas. Dari penelitian dan analisis data yang dilakukan menunjukkan bahwa secara umum kinerja pegawai Dispenduk Capil sudah efektif walaupun masih terdapat beberapa hambatan yang memerlukan peningkatan dan perbaikan. Hal ini dapat dilihat dari pelaksanaan tugas sudah sesuai dengan rencana organisasi; viii jumlah pegawai yang digerakan sudah cukup untuk melaksanakan tugas; waktu pelaksanaan kerja sudah sesuai dengan rencana didukung oleh skill dan kreativitas kerja pegawai; biaya yang diperlukan sudah dianggarkan dalam APBD sesuai dengan kebutuhan organisasi untuk menjalankan kegiatan pelayanan pembuatan Akta Kelahiran dan kepuasan kerja pegawai menunjang efektivitas kerja, semua pegawai melaksanakan tugas penuh keikhlasan dan takwa; masyarakat sudah dapat merasakan pelayanan yang diberikan oleh pegawai Dispenduk Capil Jember khususnya dalam pelayanan pembuatan Akta Kelahiran.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectEFEKTIVITAS KERJA PEGAWAIen_US
dc.subjectPEMBUATAN AKTA KELAHIRANen_US
dc.titleEFEKTIVITAS KERJA PEGAWAI DALAM PEMBUATAN AKTA KELAHIRAN PADA KANTOR DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL DI KABUPATEN JEMBERen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record