dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan implementasi
bauran pemasaran pada Syafia Plaza Jember. Obyek penelitian ini adalah Syafia
Plaza Jember. Informan dalam penelitian ini adalah Manajer Eksekutif Syafia Plaza,
Supervisior Syafia Plaza, dan juga konsumen Syafia Plaza yang bersedia dijadikan
narasumber. Jenis penelitian ini menggunakan tipe penelitian deskriptif dengan
paradigm kualitatif. Alat analisis yang digunakan adalah analisis domain dan analisis
taksonomi. Analisis domain adalah alat yang digunakan untuk menganalisis
gambaran-gambaran obyek penelitian secara umum sedangkan analisis taksonomi
adalah analisis terhadap keseluruhan data yang terkumpul berdasarkan domain yang
telah ditetapkan selanjutnya untuk diurai lebih rinci dan mendalam.
Hasil penelitian ini menerangkan bahwa Syafia Plaza Jember
mengimplementasikan bauran pemasaran yang terdiri dari 4p, produk (product),
harga (price), promosi (promotion), tempat atau distribusi (place). Produk-produk
yang dijual di Syafia Plaza antara lain busana muslim wanita, pria, anak,
perlengkapan sholat, perlengkapan haji, obat-obatan khas timur tengah, jam tangan,
makanan khas timur tengah, barang-barang pecah belah khas timur tengah, parfum,
dan accesories. Syafia memiliki produk dengan merek Syafia sendiri karena
memiliki konveksi. Harga produk pada Syafia Plaza ada yang murah dan ada yang
mahal sesuai dengan kualitas produk. Tujuan penetapan harga yaitu untuk
memperoleh keuntungan dan meningkat volume penjualan. Syafia Plaza dalam
menentukan harga menggunakan rumus dan juga melakukan survei pasar. Promosi
yang dilakukan oleh Syafia Plaza yaitu promosi penjualan dengan memberikan
diskon harga terhadap produk dan juga memberikan diskon harga terhadap
pelanggan yang memiliki kartu member Syafia sebesar 5%. Melakukan periklanan
dengan menyisipkan iklan pada buletin yang di bagikan kepada jamaah sholat jumat,
ix
serta mengunakan media internet facebook juga menggunakan blackberry massager.
Penjualan pribadi dilakukan dengan datang langsung kepada target, target Syafia
yaitu KBIH. Serta menjalin hubungan masyarakat untuk menjaga citra perusahaan
dimata masyarakat, dengan departemen-departemen agama, pondok pesantren, dan
juga KBIH. Tempat/ Distribusi (Place) Syafia Plaza berlokasi di Jalan Raya Sultan
Agung No 21. Syafia mendistribusikan produk langsung kepada konsumen. | en_US |