Show simple item record

dc.contributor.advisorSugiarti, Titik
dc.contributor.advisorSetiawan, Toto’ Bara
dc.contributor.authorMarzuqi, Ahmad Anas
dc.date.accessioned2015-12-04T09:24:27Z
dc.date.available2015-12-04T09:24:27Z
dc.date.issued2015-12-04
dc.identifier.nim100210101066
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/66531
dc.description.abstractBahan atau soal yang akan dianalisis adalah soal Ujian Nasional Matematika tingkat SMP tahun ajaran 2012/2013 dan 2013/2014 berdasarkan taksonomi Bloom Revisi. Soal Ujian Nasional Matematika tingkat SMP memuat materi yang sudah diajarkan mulai dari kelas 1 sampai kelas 3, dan juga pada soal tersebut seyogyanya sudah mengandung tingkat berpikir tinggi dengan persentase yang rendah. Ujian Nasional merupakan suatu bentuk evaluasi terhadap pencapaian kompetensi peserta didik yang diselenggarakan secara nasional pada jenjang pendidikan dasar dan menengah. Soal Ujian Nasional Matematika tingkat SMP tahun ajaran 2012/2013 dan 2013/2014 terdiri dari 20 macam paket soal dengan 40 butir soal dan memiliki kesetaraan dalam tingkat kesukaran, mutu dan validitas. Taksonomi Bloom telah banyak digunakan dalam pembuatan soal dan membantu guru dalam kemampuan mengukur siswa dalam menerapkan jenjang-jenjang tersebut sesuai dengan kondisi siswa. Model taksonomi ini memandang tujuan pembelajaran dari dua dimensi, yaitu dimensi proses kognitif dan dimensi pengetahuan. Analisis deskriptif dalam penelitian ini adalah kegiatan menelaah soal-soal pada Ujian Nasional bidang studi matematika tingkat SMP tahun ajaran 2012/2013 dan 2013/2014 dengan membaca, mengkaji dan mencatat soal yang bertujuan untuk menghitung persentase distribusi ruang lingkup materi, serta untuk mengetahui persentase tingkat kognitif dan tingkat pengetahuan soal Ujian Nasional matematika tahun ajaran 2012/2013 dan 2013/2014. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang dilaksanakan pada bulan Januari 2015. Penelitian ini dimulai dengan memilih paket soal UN Matematika SMP Tahun 2012/2013 dan 2013/2014 secara acak, kemudian dilanjutkan dengan ix mengklasifikasi dan menganalisis soal berdasarkan tingkat kognitif dan tingkat pengetahuan. Klasifikasi dan analisis soal berpedoman pada indikator taksonomi Bloom yang telah direvisi. Klasifikasi dan analisis pertama dilaksanakan pada awal bulan Februari dan selanjutnya hasil analisis akan diverifikasi oleh verifikator. Ketika terdapat perbedaan klasifikasi dan analisis pada hasil kerja verifikator, maka dilakukan diskusi hingga memperoleh kesepakatan bersama.. Pada penelitian ini, analisis data yang dilakukan dengan cara mendeskripsikan isi dokumen secara objektif dan sistematis melalui pendekatan kuantitatif. Data yang diperoleh dalam penelitian ini berupa bilangan yang merupakan hasil perhitungan melalui suatu proses untuk mendapatkan persentase. Hasil analisis menunjukkan bahwa soal Ujian Nasional tahun ajaran 2012/2013 dan 2013/2014 memuat butir soal pada seluruh ruang lingkup materi matematika SMP, dimulai dari bilangan, Aljabar, Geometri dan Pengukuran, dan Statistika dan Peluang dengan materi gometri dan pengukuran merupakan materi terbanyak untuk soal UN Matematika SMP tahun ajaran 2012/2013 dan 2013/2014. Perbandingan penyajian materi untuk bilangan, aljabar, geometri dan pengukuran serta statistika dan peluang berturut-turut adalah 3:5:9:3. Hasil analisis menunjukkan bahwa soal Ujian Nasional tahun ajaran 2012/2013 dan 2013/2014 menerapkan (C3) merupakan tingkat kognitif yang paling banyak digunakan, dengan persentase diatas 50%, soal menggunakan tingkat kognitif menerapkan (C3). Hal ini dikarenakan pada siswa SMP usia 13-15 tahun merupakan peralihan dari cara belajar konkret (SD) ke cara belajar abtraksi (SMA), sehingga tingkat menerapkan merupakan tingkat kognitif yang harus dilalui dan dikuasai siswa pada waktu SMP agar dapat melanjutkan ke tingkat kognitif tingkat tinggi. Hasil analisis menunjukkan bahwa pada soal Ujian Nasional matematika SMP tahun ajaran 2012/2013 dan 2013/2014 lebih menekankan bagaimana suatu teknik, metode atau langkah-langkah atau prosedur dalam menyelesaikan suatu permasalahan matematika. Hal ini sesuai dengan banyaknya tingkat kognitif menerapkan yang terdapat pada soal yang cenderung menggunakan tingkat pengetahuan prosedural untuk menyelesaikan soal-soal tersebut.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectSoal Ujian Nasional Matematikaen_US
dc.titleAnalisis Deskriptif Soal Ujian Nasional Matematika Tingkat Sekolah Menengah Pertama Tahun Ajaran 2012/2013 dan 2013/2014 Berdasarkan Taksonomi Bloom Revisi;en_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record