Show simple item record

dc.contributor.advisorSugiarti, Titik
dc.contributor.advisorSusanto
dc.contributor.authorHalimatul Ummi, Lina Nofianti
dc.date.accessioned2015-12-04T09:15:20Z
dc.date.available2015-12-04T09:15:20Z
dc.date.issued2015-12-04
dc.identifier.nim110210101005
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/66526
dc.description.abstractPada diri manusia setidaknya terdapat 8 jenis kecerdasan yaitu kecerdasan kecerdasan verbal-linguistik, logis-matematis, visual-spasial, berirama-musik, jasmaniah-kinestetik, interpersonal, intrapersonal, dan naturalistik, namun tidak semua kecerdasan tersebut menonjol pada semua individu. Kecerdasan yang berkaitan dengan mata pelajaran matematika adalah kecerdasan visual spasial dan kecerdasan logika matematika. Kecerdasan visual spasial berkaitan dengan kemampuan seseorang memahami permasalahan geometri yang meliputi pengimajinasian, pengonsepan, pemecahan masalah, dan menemukan pola. Kecerdasan logika matematika merupakan kemampuan dalam mengorganisasi penyelesaian suatu permasalahan matematika yang meliputi klasifikasi, membandingkan, operasi hitung matematika, penalaran deduktif dan induktif, membentuk hipotesis, dan memeriksa kembali. Guru Kelas XI IPA 8 SMA Negeri 2 Jember belum mengetahui kecerdasan visual spasial dan logika matematika yang dimiliki siswanya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana kecerdasan visual spasial dan kecerdasan logika matematika dalam menyelesaikan soal geometri siswa kelas XI IPA 8 SMA Negeri 2 Jember. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kecerdasan visual spasial dan kecerdasan logika matematika dalam menyelesaikan soal geometri siswa kelas XI IPA 8 SMA Negeri 2 Jember. ix Pada penelitian ini dianalisis kecerdasan visual spasial dan kecerdasan logika matematika dalam menyelesaikan soal geometri. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang didahului dengan pengembangan instrumen tes kecerdasan visual-spasial dan logika-matematika. Pendeskripsian pada penelitian ini dilakukan dengan cara menjelaskan karakteristik apa saja yang terpenuhi dan bagaimana karakteristik tersebut dapat terpenuhi pada subjek penelitian. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes kecerdasan visual spasial, tes kecerdasan logika matematika, pedoman wawancara, dan lembar validasi tes kecerdasan dan pedoman wawancara. Metode pengumpulan data menggunakan metode tes dan metode wawancara. Data yang dianalisis adalah hasil tes dan wawancara yang digunakan untuk mengkonfirmasi hasil tes. Hasil validasi tes diperoleh bahwa tes tersebut memiliki nilai validasi 4,21 dan termasuk kriteria valid dengan beberapa saran revisi. Setelah dilakukan uji validitas, kemudian dilakukan revisi terhadap tes. Selanjutnya dilakukan uji reliabilitas terhadap tes yang telah direvisi. Hasil uji reliabilitas menunjukkan bahwa tes tersebut memiliki koefisien reliabilitas 0,6325 untuk tes kecerdasan visual spasial dan 0,728 untuk tes kecerdasan logika matematika. Kategori reliabilitas tes tersebut adalah tinggi. Berdasarkan uji validitas dan reliabilitas yang telah dilakukan, maka tes tersebut dikatakan valid dan reliabel sehingga dapat digunakan untuk penelitian. Setelah didapatkan hasil tes dan wawancara, data tersebut dianalisis berdasarkan indikator karakteristik kecerdasan visual spasial dan logika matematika. Seluruh karakteristik kecerdasan visual spasial dan logika matematika dapat terlihat pada subjek penelitian. Beberapa siswa dapat memenuhi keseluruhan karakteristik tersebut, ada juga yang memenuhi hanya sebagian dari karakteristik kecerdasan visual spasial maupun kecerdasan logika matematika. Kecerdasan yang dominan pada subjek penelitian adalah kecerdasan visual spasial, namun tidak ditemukan keterkaitan yang menyeluruh pada kecerdasan visual spasial dan kecerdasan logika matematika.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectKecerdasan Visual Spasialen_US
dc.titleKecerdasan Visual Spasial dan Logika Matematika dalam menyelesaikan Soal Geometri Siswa Kelas XI IPA 8 SMA Negeri 2 Jember;en_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record