Show simple item record

dc.contributor.advisorSunardi
dc.contributor.advisorSugiarti, Titik
dc.contributor.authorLibrianti, Vinny Dwi
dc.date.accessioned2015-12-04T07:18:22Z
dc.date.available2015-12-04T07:18:22Z
dc.date.issued2015-12-04
dc.identifier.nim110210101016
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/66469
dc.description.abstractSalah satu aspek dalam matematika adalah geometri. Dalam memecahkan masalah geometri dibutuhkan pemahaman, analisis perhitungan dan imajinasi yang tinggi. Guru harus mengetahui sejauh mana kecerdasan siswa dalam menyelesaikan masalah sehingga guru dapat menemukan cara untuk membantu siswa dalam memahami dan menyelesaikan masalah geometri. Pada penyelesaian masalah, siswa harus mampu menemukan keterkaitan antar informasi pada masalah sehingga gambaran dari penyelesaian masalah dapat diketahui. Kemampuan tersebut berkaitan kecerdasan logis-matematis. Selain itu, siswa juga membutuhkan kemampuan imajinasi yang baik, mengubah gambaran suatu obyek atau pola tertentu melalui mental dan menggunakannya untuk berpikir mencari jalan pemecahannya. Hal ini berhubungan dengan kecerdasan visual spasial. Pada penelitian ini, akan dideskripsikan kecerdasan visual spasial dan logis matematis siswa dalam pemecahan masalah geometri. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Instrumen yang digunakan adalah tes pemecahan masalah geometri dan pedoman wawancara. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes dan metode wawancara. Analisis data dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif. Setelah data hasil wawancara diperoleh, kemudian dianalisis. Siswa kelas VIII A yang memiliki keempat karakteristik kecerdasan visual spasial dalam menyelesaikan masalah geometri sebanyak 5 orang. Pada pengimajinasian, kelima siswa dapat menggunakan bantuan gambar yang diberikan pada soal. Awalnya S05 melakukan kesalahan menggambarkan penyelesaian masalah, namun ia dapat ix memperbaiki kesalahannya. S13 dan S25 terlihat ragu dalam menggambarkan penyelesaian masalah meski akhirnya dapat menyelesaikan dengan benar. S18 dan S34 telah dapat menggambarkan penyelesaian masalah dengan benar. Pada pengkonsepan, kelima siswa dapat menyebutkan konsep yang berkaitan dengan permasalahan dengan lugas dan lancar serta dapat menghubungkan antara data pada soal dengan pengetahuan yang telah dimiliki. Pada penyelesaian masalah, S05 dan S13 terlihat ragu dan sedikit lupa ketika memberikan penjelasan tentang cara penyelesaian masalah. Berbeda dengan S18, S25, dan S34, mereka dapat menjelaskan cara penyelesaian masalah dengan sangat lancar. Pada karakteristik pencarian pola kelima siswa tersebut dapat menjelaskan pola yang telah ditemukan dalam menyelesaikan masalah dengan benar dan lancar. Siswa yang memiliki keenam karakteristik kecerdasan logis matematis dalam menyelesaikan masalah geometri sebanyak 6 orang. Pada klasifikasi, awalnya S07 dan S33 tidak menuliskan seluruh informasi yang diketahui, namun dalam wawancara mereka menyebutkan informasi lain yang tidak dituliskan pada lembar jawaban. S09, S25, S28, dan S37 telah dapat menuliskan informasi yang diketahui dan ditanya dalam masalah dengan benar. Pada membandingkan, terdapat kesalahan pada rencana penyelesaian masalah yang telah disusun oleh S07, namun pada akhirnya S07 dapat memperbaiki. Kelima siswa lainnya telah dapat menuliskan rumus untuk penyelesaian masalah dan menyusun rencana penyelesaian masalah dengan benar. Pada operasi hitung matematika dan penalaran induktif, keenam siswa telah dapat melakukan operasi hitung tanpa ada kesalahan serta menyelesaikan masalah dengan menggunakan beberapa contoh hingga kemudian diperoleh perumumannya. Pada membentuk hipotesis, keenam siswa dapat menuliskan jawaban sementara yang diperoleh dari penyelesaian masalah. Pada mengecek kembali, ketika diminta untuk menjelaskan cara memeriksa kembali jawaban yang telah diperoleh, S33 dan S37 dapat menjelaskan dengan lancar. S07, S09, S25 dan S28 dapat memeriksa kembali dengan menelaah kembali penyelesaian masalah yang telah dibuat.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectKecerdasan Visual Spasialen_US
dc.titleKecerdasan Visual Spasial dan Logis Matematis dalam Menyelesaikan Masalah Geometri Siswa Kelas VIII A SMP Negeri 10 Jember;en_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record