Show simple item record

dc.contributor.advisorHobri
dc.contributor.advisorKristiana, Arika Indah
dc.contributor.authorLutfiadi
dc.date.accessioned2015-12-04T07:04:16Z
dc.date.available2015-12-04T07:04:16Z
dc.date.issued2015-12-04
dc.identifier.nim070210101100
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/66464
dc.description.abstractSMK Zainul Hasan adalah salah satu sekolah yang letaknya di daerah Balung kabupaten Jember. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara di sana, hasil belajar siswa kelas X pada mata pelajaran matematika masih berada di bawah Kriteria Kelulusan Minimal (KKM) yang telah ditentukan. Selama ini pembelajaran matematika di SMK Zainul Hasan masih berpusat pada guru (teacher oriented), guru lebih sering menggunakan metode ceramah, dan guru jarang menggunakan metode yang bervariasi, dalam menyampaikan materi pembelajaran. Diketahui juga bahwa aktivitas siswa dalam mengikuti pembelajaran belum nampak, para siswa jarang mengajukan pertanyaan, walaupun guru sering meminta agar siswa bertanya jika ada hal yang belum dipahami. Hal-hal tersebut merupakan faktor yang menyebabkan hasil belajar siswa masih rendah. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan: 1) mendeskripsikan pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) untuk meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa pada pokok bahasan logika matematika; 2) mengetahui aktivitas belajar siswa dalam pelaksanaan pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) pada pokok bahasan logika matematika; 3) mengetahui ketuntasan hasil belajar siswa kelas X semester genap setelah pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) pada pokok bahasan logika di SMK Zainul Hasan Balung. Penelitian ini menggunakan dua siklus dan tiap siklusnya mencakup empat tahapan, yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan retleksi. Subyek penelitiannya adalah siswa SMK Zainul Hasan kelas X-2 tahun ajaran 2013/2014 dengan jumlah 32 orang, terdiri dari 6 siswa laki-laki dan 26 siwa perempuan. Pengambilan data dilaksanakan pada tanggal 1 Juli 2014 sampai 11 Juli 2014. Metode pengumpulan data viii yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Data yang diperoleh pada penelitian dianalisis secara deskriptif kualitatif meliputi aktivitas guru, aktivitas siswa, ketuntasan hasil belajar, dan hasil wawancara. Hasil analisis aktivitas siswa menunjukkan bahwa aktivitas siswa mengalami peningkatan, untuk setiap pertemuannya. Seperti halnya aktivitas siswa, aktivitas guru juga mengalami peningkatan pada tiap pertemuan. Peningkatan aktivitas siswa dan guru ini sangat membantu keberhasilan penerapan pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) untuk meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa pada pokok bahasan logika matematika Hasil belajar matematika siswa setelah proses belajar dengan menggunakan pendekatan contextual teaching and learning (CTL) pada sub pokok bahasan logika matematika di kelas X-2 SMK Zainul Hasan tahun ajaran 2013/2014 mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I persentase ketuntasan hanya 71,87%, sedangkan pada siklus II persentase ketuntasan meningkat menjadi 90,62%. Ketuntasan belajar siswa secara klasikal telah terpenuhi setelah siklus II. Berdasarkan seluruh hasil analisis data, diperoleh peningkatan hasil belajar dan aktivitas siswa pada tiap siklusnya . Dengan demikian penerapan Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) efektif dalam upaya meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa pada pokok bahasan logika matematika.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectContextual Teaching and Learning (CTL)en_US
dc.titlePeningkatan Hasil Belajar dan Aktivitas Siswa Dengan Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Pada Pokok Bahasan Logika Matematika di Kelas X SMK Zainul Hasan Balung Semester Genap Tahun Ajaran 2013/2014;en_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record