dc.description.abstract | Fisika adalah bidang studi yang istimewa karena fisika menawarkan
penjelasan mengapa dan bagaimana fenomena alam terjadi. Namun keistimewaan
fisika sering tidak terlihat karena pembelajarannya yang bersifat monoton dengan
hadirnya rumus-rumus yang membuat fisika semakin terasa sulit. Padahal rumusrumus
tersebut hanyalah bentuk penyederhanaan pernyataan dari fenomena yang
terjadi di alam. Akibatnya, motivasi siswa menjadi rendah sehingga mengakibatkan
rendahnya nilai hasil belajar.
Pembelajaran fisika seharusnya dirancang dan dikemas secara inovatif agar
kreativitas dan seluruh potensi siswa dapat disalurkan, pembelajaran menjadi
berwarna dan motivasi siswa meningkat. Sehingga berpengaruh pada peningkatan
hasil belajar siswa. Salah satu model pembelajaran yang inovatif adalah model
pembelajaran Inkuiri.
Model pembelajaran Inkuiri siswa didorong untuk belajar melalui keterlibatan
aktif dan mengadakan suatu penelitian (percobaan) untuk menemukan suatu
penemuan tertentu. Melalui inkuiri memacu siswa untuk mengetahui serta
memotivasi siswa untuk memecahkan masalah secara mandiri dan memiliki
keterampila kritis dalam menganalisis informasi. Inkuiri memberikan kepada siswa
pengalaman-pengalaman belajar yang nyata dan aktif. siswa dilatih bagaimana cara
memecahkan masalah, membuat keputusan, dan memperoleh keterampilan.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk untuk mengkaji hasil belajar fisika
siswa kelas X MA Al-Hidayah dengan menggunakan model inkuiri disertai metode
outbond.
viii
Daerah penelitian ini adalah MA Al-Hidayah Jember yang ditentukan dengan
metode purposive sampling area. Responden penelitian ditentukan setelah dilakukan
uji one way-ANOVA menggunakan SPSS 16. Sampel dalam penelitian ini adalah
kelas X A dan X C yang ditentukan dengan metode cluster random sampling dengan
teknik undian. Beberapa teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian
ini adalah dokumentasi, wawancara, dan tes. Analisis data peningkatan hasil belajar
kognitif produk siswa dianalisis dengan Independent Samples T-Test pada SPSS 16.
Berdasarkan analisis data peningkatan hasil belajar kognitif produk
dinyatakan H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan kata lain, Ada perbedaan yang
signifikan antara hasil belajar fisika siswa menggunakan model pembelajaran Inkuiri
disertai Outbond dengan model pembelajaran yang digunakan guru.
Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan yang
signifikan antara hasil belajar siswa yang menerapkan model pembelajaran Inkuiri
disertai outbond dengan model pembelajaran yang biasa digunakan guru pada
pembelajaran fisika di MA Al-Hidayah Jember. | en_US |