Show simple item record

dc.contributor.advisorLesmono, Albertus Djoko
dc.contributor.advisorYushardi
dc.contributor.authorWijaya, Ratih Ayu
dc.date.accessioned2015-12-04T06:39:42Z
dc.date.available2015-12-04T06:39:42Z
dc.date.issued2015-12-04
dc.identifier.nim100210102104;
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/66456
dc.description.abstractIPA merupakan suatu kumpulan pengetahuan yang tersusun secara sistematik dan dalam penggunaannya secara umum terbatas pada gejala-gejala alam. Bahan pelajaran IPA untuk berbagai kalangan tentunya tidak lepas dari teori. Untuk mengetahui teori tersebut, cara belajar siswa harus diawali dengan membaca. Membaca merupakan salah satu aktivitas belajar yang efisien untuk menambah informasi. Oleh karena itu, perlu diterapkan suatu metode membaca dalam pembelajaran, salah satunya adalah metode membaca SQ3R . Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan aktivitas belajar IPA siswa selama mengikuti pembelajaran menggunakan metode SQ3R, (2) mengkaji perbedaan hasil belajar IPA siswa menggunakan metode SQ3R dengan metode yang biasa digunakan di sekolah, (3) mengkaji perbedaan retensi hasil belajar IPA siswa menggunakan metode SQ3R dengan metode yang biasa digunakan di sekolah Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan tempat penelitian ditentukan menggunakan metode purposive sampling area. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 10 Jember. Sampel penelitian ditentukan setelah dilakukan uji homogenitas terhadap populasi. Penentuan sampel penelitian menggunakan metode cluster random sampling. Desain penelitian yang digunakan adalah post-test control design. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis penelitian adalah Independent-Sample T-test dengan bantuan SPSS 16. Pengujian hipotesis penelitian menggunakan pengujian hipotesis pihak kanan. viii Hasil analisis aktivitas belajar siswa selama pembelajaran IPA menggunakan metode SQ3R menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa dapat dikategorikan aktif dengan persentase sebesar 74.81%. Hasil analisis data menggunakan Uji t untuk mengetahui perbedaan hasil belajar antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol, diperoleh nilai dan nilai = 1.994 sehingga , maka hipotesis nihil ditolak dan hipotesis kerja diterima. Analisis data menggunakan Uji untuk mengetahui perbedaan retensi belajar siswa antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol diperoleh nilai dan , sehingga , maka hipotesis nihil diterima dan hipotesis kerja ditolak. Berdasarkan analisis data yang diperoleh, maka kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) aktivitas belajar siswa selama mengikuti pembelajaran IPA menggunakan metode SQ3R termasuk dalam kategori aktif, (2) Ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar IPA menggunakan metode SQ3R dengan pembelajaran menggunakan metode yang biasa digunakan di sekolah, (3) Ada perbedaan yang signifikan antara retensi hasil belajar IPA menggunakan metode SQ3R dengan pembelajaran menggunakan metode yang biasa digunakan di sekolah.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectQuestion, Read, Recite, Review (SQ3R)en_US
dc.titlePenerapan Metode Survey, Question, Read, Recite, Review (SQ3R) Dalam Pembelajaran IPA di SMP;en_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record