dc.contributor.author | RUWAIDA | |
dc.date.accessioned | 2013-12-09T04:09:38Z | |
dc.date.available | 2013-12-09T04:09:38Z | |
dc.date.issued | 2013-12-09 | |
dc.identifier.nim | NIM080210274001 | |
dc.identifier.uri | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/6637 | |
dc.description.abstract | Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari dua
siklus. Dalam setiap siklus meliputi tahapan : perencanaan, pelaksanaan, observasi
dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas VI Teknik pengumpulan data
dalam penelitian ini adalah dengan observasi, wawancara dan tes tertulis.
Hasil penelitian pada siklus 1 setelah menerapan metode problem solving
pembelajaran menjadi efektif, akan tetapi belum memuaskan, begitu juga hasil
belajar siswa rata-rata persentase meningkat 84% dari pembelajaran sebelumnya.
Pada siklus 2 pembelajaran menjadi lebih efektif dan memuaskan. Hampir seluruh
siswa terampil dalam memahami dan menyelesaikan soal cerita tentang skala, ini
dibuktikan dengan kenaikan persentase nilai rata-rata yaitu 96 %.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan metode problem solving
dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penerapan metode problem solving dapat
menciptakan pembelajaran yang aktif dan merangsang siswa untuk
mengungkapkan ide-ide perencanaan dan pelaksanaan rencana dalam
menyelesaikan soal cerita. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.relation.ispartofseries | 080210274001; | |
dc.subject | Hasil Belajar, Soal Cerita, Metode Problem Solving | en_US |
dc.title | PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA TENTANG PERBANDINGAN DAN SKALA DENGAN METODE PROBLEM SOLVING PADA SISWA KELAS VI SDN 1 SUMBERTENGAH KECAMATAN BUNGATAN KABUPATEN SITUBONDO TAHUN PELAJARAN 2010/2011 | en_US |
dc.type | Other | en_US |