KUALITAS PELAYANAN DAN DAYA TARIK OBJEK WISATA DALAM UPAYA MENINGKATKAN MINAT WISATAWAN PADA TAMAN BOTANI SUKORAMBI JEMBER
Abstract
Pelayanan adalah segala bentuk aktivitas yang dilakukan oleh perusahaan
guna memenuhi harapan konsumen. Pelayanan dalam hal ini diartikan sebagai jasa
atau service yang disampaikan oleh pemilik jasa yang berupa kemudahan, kecepatan,
hubungan, kemampuan dan keramahtamahan yang ditujukan melalui sikap dan sifat
dalam memberikan pelayanan untuk kepuasan konsumen. Perusahaan menganggap
konsumen sebagai raja yang harus dilayani dengan baik, mengingat dari konsumen
tersebut akan memberikan keuntungan kepada perusahaan agar dapat terus hidup.
Berdasarkan Undang-Undang Republik Indonesia No. 10 tahun 2009, Daya
Tarik Wisata dijelaskan sebagai segala sesuatu yang memiliki keunikan, kemudahan,
dan nilai yang berupa keanekaragaman kekayaan alam, budaya, dan hasil buatan
manusia yang menjadi sasaran atau kunjungan wisatawan Nyoman S. Pendit dalam
bukunya“ Ilmu Pariwisata” tahun 1994 mendefiniskan daya tarik wisata sebagai
segala sesuatu yang menarik dan bernilai untuk dikunjungi dan dilihat. A. Yoeti
dalam bukunya “Pengantar Ilmu Pariwisata” tahun 1985 menyatakan bahwa daya
tarik wisata atau “tourist attraction”, istilah yang lebih sering digunakan, yaitu
segala sesuatu yang menjadi daya tarik bagi orang untuk mengunjungi suatu daerah
tertentu. Dari beberapa pengertian diatas maka dapat ditarik kesimpulan bahwa Daya
tarik wisata adalah segala sesuatu yang mempunyai daya tarik, keunikan dan nilai
yang tinggi, yang menjadi tujuan wisatawan datang ke suatu daerah tertentu.
Tujuan utama Praktek Kerja Nyata di Taman Botani Sukorambi, yang
dilaksanakan pada tanggal 17 Februari–17 April 2014 adalah ingin memperoleh
pengalaman kerja di objek wisata. Sehingga akan menambah pengetahuan dan
wawasan dibidang destinasi wisata. Tujuan yang lain yaitu untuk mengetahui tentang
kualitas dan kuantitas pelayanan dan daya tarik yang ada di objek wisata Taman
Botani Sukorambi (TBS) kepada wisatawan. Menciptakan kesan yang baik dalam
melayani segala sesuatu yang dibutuhkan oleh wisatawan, guna mampu memberikan
kenyamanan serta kepuasan atas fasilitas, sarana dan prasarana yang terdapat di TBS.
Hasil yang diperoleh langsung dari Praktek Kerja Nyata ini yaitu dalam
melayani wisatawan karyawan harus bersikap ramah, perhatian, sopan serta siap
menerima keluhan dan ketidakpuasaan wisatawan. Daya tarik yang terdapat di
Taman Botani Sukorambi adalah kolam renang, kolam perahu, kolam muslimah
(indoor), berbagai macam tanaman seperti buah, bunga, sayuran dan tanaman herbal,
horti hut, flying fox, permainan outbond, mini zoo, taman bermain, restoran,
pendopo, shelter, gazebo dll.
Kualitas Pelayanan dan Daya Tarik Objek Wisata satu sama lain saling
berhubungan erat. Jika Kualitas Pelayanan lebih kebentuk tidak nyata (abstrak) tetapi
bisa dirasa. Sedangkan Daya Tarik Objek Wisata berbentuk nyata, bisa dilihat oleh
mata.
Collections
- DP-Travel Agent [250]