Show simple item record

dc.contributor.advisorAisyiah, Iis Nur
dc.contributor.advisorAprilia H., Sulifah
dc.contributor.authorNatalia, Fita
dc.date.accessioned2015-12-03T08:42:45Z
dc.date.available2015-12-03T08:42:45Z
dc.date.issued2015-12-03
dc.identifier.nim080210193036;
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/66264
dc.description.abstractInkuiri yang dalam bahasa inggris inquiry, berarti pertanyaan, atau pemeriksaan, penyelidikan. Pembelajaran inkuiri berarti suatu rangkaian kegiatan belajar yang melibatkan secara maksimal seluruh kemampuan siswa untuk mencari dan menyelidiki secara sistematis, kritis, logis, analitis, sehingga mereka dapat merumuskan sendiri penemuannya dengan percaya diri (Gulo, 2002:84-85). Proses itu sendiri biasanya dilakukan melalui Tanya jawab antara guru dan siswa. strategi pembelajaran ini sering juga dinamakan strategi heuristic, yang berasal dari bahasa yunani, yaitu heuriskein yang berati saya menemukan. Ada beberapa hal yang menjadi ciri utama strategi pembelajaran inkuiri. Pertama, strategi inkuiri menekankan kepada aktivitas siswa secara maksimal untuk mencari dan menemukan, artinya strategi inkuiri menempatkan siswa sebagai subjek belajar. Kedua, seluruh aktivitas belajar yang dilakukan siswa diarahkan untuk mencari dan menemukan jawaban sendiri dari sesuatu yang dipertanyakan, sehingga diharapkan dapat menumbuhkan sikap percaya diri (self belief). Ketiga, tujuan dari penggunaan strategi pembelajaran inkuiri adalah mengembangkan kemampuan berpikir secara sistematis, Logis dan kritis, atau mengembangkan kemampuan intelektual sebagai bahan dari proses mental. Strategi pembelajaran inkuiri merupakan bentuk dari pendekatan pembelajaran yang berorientasi kepada siswa (student centered approach). Dikatakan demikian, sebab dalam strategi ini siswa memegang peran yang sangat dominan dalam proses pembelajaran (Sanjaya, 2006:196-197). viii Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). PTK merupakan salah satu cara yang strategis bagi guru untuk memperbaiki layanan pendidikan yang harus diselenggarakan dalam konteks pembelajaran di dalam kelas dan peningkatan kualitas program sekolah secara keseluruhan. Hal itu dapat dilakukan mengingat tujuan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk memperbaiki dan dapat meningkatkan praktik pembelajaran di kelas secara berkesinambungan (Sukidin, 2002:37). Aktivias belajar siswa kelas VIII A SMP Negeri 2 Jenggawah tahun pelajaran 2013/2014 pada pokok bahasan sistem pernapasan dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan metode eksperimen mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 8,82%. Hasil belajar siswa kelas VIII A SMP Negeri 2 Jenggawah tahun ajaran 2013/2014 pada pokok bahasan sistem pernapasan dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan metode eksperimen mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 15%. Dan peningkatan nilai rata-rata siswa dari ranah psikomotor dapat dilihat dari peningkatan pada siklus II yaitu sebesar 4,7 %. Pada siklus I rata-rata nilai psikomotor siswa adalah 81,4 % sedangkan pada siklus II rata-rata nilai psikomotor siswa menjadi 86,1 %. Penelitian tindakan kelas di SMP Negeri 2 Jenggawah dilaksanakan pada tanggal 6 November 2013 sampai dengan tanggal 22 November 2013. Pada penelitian ini responden penelitian adalah siswa kelas VIII A SMP Negeri 2 Jenggawah semester gasal tahun ajaran 2013/2014 dengan jumlah siswa sebanyak 40 siswa yang terdiri atas 18 siswa laki-laki dan 22 siswa perempuan. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 tahap, yaitu tahap tindakan pendahuluan dan tahap pelaksanaan siklus. Tahap tindakan pendahuluan dilakukan dengan menggunakan metode wawancara, observasi, dan mengamati pembelajaran pra siklus. Pada tahap pelaksanaan siklus dilakukan sebanyak dua siklus pembelajaran yaitu siklus I dan siklus II. Setiap siklus terdiri atas empat tahap yaitu: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Pada setiap akhir siklus dilakukan tes belajar ulangan harian akhir siklus.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectModel Pembelajaran Inkuirien_US
dc.titlePenerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dengan Metode Eksperimen dalam meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Biologi (Pokok Materi Pernafasan Pada Siswa Kelas VII A Semester Ganjil di SMP Negeri 2 Jenggawah Tahun Ajaran 2013/2014;en_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record