• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MEMAHAMI GEOMETRI BANGUN DATAR MELALUI PENGGUNAAN TEORI VAN HIELE DALAM COOPERATIVE LEARNING TIPE NHT (NUMBERED HEADS TOGETHER) PADA SISWA KELAS 5 SDN SLAWU 02 JEMBER SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2010/2011

    Thumbnail
    View/Open
    Praktika Nurroidah.pdf (223.2Kb)
    Date
    2013-12-09
    Author
    Praktika Nurroidah
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui cara menerapkan teori Van Hiele dalam materi bangun datar dengan menggunakan cooperaive learning tipe Numbered Heads Together (NHT) pada siswa kelas 5 SDN Slawu 02 Jember, (2) Untuk mengetahui aktivitas yang dilakukan siswa dalam memahami geometri bangun datar dengan menggunakan metode cooperative learning tipe Numbered Heads Together (NHT) pada teori belajar Van Hiele pada siswa kelas V SDN Slawu 02 Jember serta (3) Untuk mengetahui apakah terjadi peningkatan kemampuan siswa dalam memahami geometri bangun datar dengan menggunakan metode cooperative learning tipe Numbered Heads Together (NHT) pada teori belajar Van Hiele pada siswa kelas V SDN Slawu 02. Pada tingkat pravisualisasi, guru mengadakan tanya jawab dengan siswa tentang macam-macam bentuk bangun datar serta contoh yang ada di dalam kelas. Pada tingkat ke-0, yaitu visualisasi, guru menunjukkan bentuk-bentuk bangun datar dengan menggunakan kertas lipat dan bertanya bentuk apa yang ditunjukkan oleh guru. Guru kemudian membentuk kelompok belajar yang terdiri dari 3-4 siswa dan membagikan nomor yang diambil siswa secara acak untuk menjadi nomor dalam pembelajaran NHT. Kemudian guru membagikan tugas kelompok beserta guntingan kertas lipat yang telah dibentuk menjadi bermacam-macam bangun datar. Siswa bersama kelompoknya melakukan kegiatan tingkat 0, dengan cara mengelompokkan macam-macam bangun datar tersebut sesuai dengan bentuknya. Kemudian siswa melakukan tingkat pertama, yaitu analisis, bersama dengan kelompoknya. Siswa menyelidiki sifat-sifat yang dimiliki oleh suatu bangun datar dengan menggunakan kosakata yang telah dijelaskan guru, kemudian menggambar bangun datar tersebut sesuai dengan sifat-sifat yang telah ditemukan. Siswa kemudian melakukan kegiatan tingkat kedua teori Van Hiele, yaitu pengurutan atau deduksi informal. Kegiatan siswa adalah mengidentifikasi dua buah bangun datar apakah sebangun atau tidak dengan cara mencari persamaan dan perbedaan dari sifat-sifat bangun-bangun datar tersebut. Menurut penelitian yang dilakukan Yudianto (2007:30) menyebutkan tingkat perkembangan kognitif siswa sekolah dasar hanya sampai tahap analisis. Aktivitas siswa dalam penerapan teori Van Hiele pada strategi pembelajaran kooperatif tipe NHT termasuk dalam kategori siswa aktif. Hal tersebut ditunjukkan oleh hasil analisis aktivitas siswa dalam penerapan teori Van Hiele pada strategi pembelajaran kooperatif tipe NHT meningkat secara klasikal, pada siklus I mencapai 21,15% dan siklus II mencapai 70,19% sehingga mengalami peningkatan sebesar 49,04%. Hasil belajar siswa dalam penerapan teori Van Hiele pada strategi pembelajaran kooperatif tipe NHT meningkat. Peningkatan hasil belajar siswa yang diperoleh dari persentase hasil belajar pada siklus I secara klasikal sebesar 61,15% dengan ketuntasannya sebesar 61,54% (tidak tuntas) dan hasil belajar siklus II secara klasikal sebesar 68,85% dengan ketuntasannya sebesar 84,62% (tuntas). Peningkatan hasil belajar sebesar 7,7% dan ketuntasannya sebesar 23,08%.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/6625
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15406]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository