dc.description.abstract | Pengembangan Konsep Trigonometri Kurikulum 2013 dalam Bentuk Software Pembelajaran Saintifik; Imam Syahroni; 131820101007; 2015; 85 halaman; Jurusan Magister Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Jember. Penerapan pembelajaran matematika kurikulum 2013 menggunakan pendekatan saintifik banyak ditemukan kendala. Umumnya guru dan siswa jarang melakukan praktikum dalam pembelajaran matematika untuk penguasaan materi pelajaran, khususnya di bidang trigonometri. Akibatnya, siswa kurang memahami konsep trigonometri yang sedang dipelajari dan lemah dalam penggunaan software matematika. Dalam pembelajaran trigonometri masih banyak ditemukan siswa yang sulit memahami konsep-konsep dasar ataupun prosedur hitung trigonometri yang diberikan. Selain itu belum banyak guru menggunakan media pembelajaran berbasis saintifik yang memudahkan siswa untuk menguasai konsep. Oleh karena itu untuk mengatasi kesulitan siswa dalam memahami konsep trigonometri dan mengatasi kelemahan siswa dalam aplikasi software matematika, maka perlu dikembangkan software pembelajaran interaktif dengan bantuan sistem Graphical User Interface (GUI) Matlab. Dengan adanya software tersebut diharapkan guru dan siswa lebih sering melakukan praktikum matematika untuk penguasaan materi, sehingga kendala-kendala dalam pembelajaran trigonometri dapat diatasi. Pengembangan konsep trigonometri dengan bantuan GUI Matlab, dapat menghasilkan software pembelajaran interaktif dengan tahapan penyusunan sebagai berikut. Pertama, menetapkan konsep trigonometri yang akan dikembangkan ke GUI Matlab, meliputi: (1) konsep rumus Pythagoras; (2) penerapan rumus Pythagoras; (3) perbandingan ukuran sisi-sisi segitiga siku-siku; (4) perbandingan trigonometri segitiga siku-siku; (5) batas minimum dan maksimum nilai trigonometri; (6) perbandingan trigonometri di koordinat kartesius; (7) relasi sudut; dan (8) perbandingan trigonometri sudut berelasi. Kedua, membuat prosedur dan program dari tahapan pertama, ke dalam bentuk software GUI Matlab. Ketiga, mensimulasikan, mengevaluasi dan melakukan perbaikan hasil program.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan konsep trigonometri dapat dibuat dengan langkah-langkah sebagai berikut. Pertama, penyediaan data dan menyusun pertanyaan untuk mengkonstruksi konsep trigonometri, antara lain: Konsep (1), menyediakan data berupa rumus Pythagoras dan rumus bukan Pythagoras dalam berbagai bentuk variasi aljabar yang nilainya ekuivalen. Menyusun pertanyaan untuk membedakan rumus Pythagoras dan rumus bukan Pythagoras. Konsep (2), menyediakan data segitiga siku-siku dan segitiga bukan siku-siku yang ukuran sisi-sisinya bervariasi. Menyusun pertanyaan untuk menguji ketiga sisi segitiga merupakan sisi-sisi segitiga siku-siku. Konsep (3) menyediakan data segitiga siku-siku yang ukuran sisinya berbeda. Menyusun
viii
pertanyaan untuk mendaftar semua kemungkinan pasangan perbandingan 2 sisi segitiga siku-siku. Konsep (4), menyediakan data segitiga siku-siku dan menyusun pertanyaan untuk membuat 6 pasang perbandingan yang berbeda antar sisi-sisi segitiga, dan memberi nama lain perbandingan tersebut. Konsep (5), menyediakan data 4 (empat) pasang bilangan tripel Pythagoras dan menyusun pertanyaan untuk membuat perbandingan 2 sisi segitiga yang memenuhi nilai sinus, cosinus, dan tangen agar diketahui batas minimum dan maksimumnya. Konsep (6), menyediakan data segitiga siku-siku dengan parameter panjang sisi, sudut, dan titik koordinat. Menyusun pertanyaan untuk menyusun rumus perbandingan trigonometri utama di setiap kuadran dan menentukan tanda nilai positif dan negatifnya. Konsep (7), menyediakan data gambar relasi sudut dan menyusun pertanyaan untuk membuat ukuran dua sudut yang memenuhi relasi tertentu. Konsep (8), menyediakan data gambar relasi dua segitiga siku-siku, dan menyusun pertanyaan untuk mencari rumus trigonometri yang saling berelasi dari kedua segitiga tersebut. Kedua, menyediakan variasi jawaban yang benar dan salah. Ketiga, menyusun kotak “Jawab”dan “Evaluasi”. Keempat, membuat kotak “Rekap Jawaban”, meliputi jumlah benar dan salah. Kelima, membuat kotak “Kesimpulan” untuk mengetahui | en_US |