Show simple item record

dc.contributor.advisorMastika, I Ketut
dc.contributor.advisorIswono, Sugeng
dc.contributor.authorAlgian, Adam
dc.date.accessioned2015-12-03T03:40:50Z
dc.date.available2015-12-03T03:40:50Z
dc.date.issued2015-12-03
dc.identifier.nim090910202034
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/66090
dc.description.abstractPariwisata merupakan salah satu kegiatan yang disenangi oleh masyarakat. Kegiatan pariwisata tidak hanya bisa dinikmati oleh masyarakat di kalangan elit, namun masyarakat dengan berbagai kalangan pun dapat melakukan kegiatan pariwisata. Berkembangnya laju pertumbuhan kunjungan wisatawan terhadap objekobjek wisata menyebabkan bertambahnya pula permintaan atas fasilitas yang ingin diterima oleh pengunjung. Fasilitas-fasilitas tersebut dapat berupa layanan akomodasi, moda transportasi, panorama alam, atraksi budaya, paket wisata, dan lainlain. Meningkatnya orang-orang melakukan perjalanan wisata tersebut menuntut pula peningkatan pelayanan Biro Perjalanan Wisata dan Agen Perjalanan Wisata. Bukan hanya orang yang ingin berwisata saja, saat ini banyak orang lebih memilih menggunakan jasa travel untuk bepergian keluar kota dalam urusan pekerjaan maupun lainnya karena mereka beranggapan jika menggunakan jasa travel tidak perlu rumit-rumit untuk mengurus tiket dan lain-lainnya. Masyarakat saat ini menginginkan hal yang praktis meskipun mengeluarkan biaya sedikit lebih banyak untuk menggunakan jasa tersebut. Sehingga pelayanan yang baik pada biro perjalanan menjadi pengaruh yang besar terhadap kepuasan pelanggan. Pelayanan yang baik tersebut dapat dilaksanakan apabila ada pengendalian pada proses operasi di biro perjalanan wisata. Tujuan dari penelitian ini adalah ingin mengetahui dan mendeskripsikan pengendalian proses operasi pada CV. Luna Tour and Organizer. Penelitian yang dilakukan oleh peneliti menggunakan tipe penelitian kualitatif. Penentuan lokasi penelitian ditentukan dengan beberapa kriteria yang pada akhirnya ditentukan oleh ix peneliti yaitu CV. Luna Tour and Organizer. Penentuan informan dalam penelitian yang dilakukan oleh peneliti dengan purposive. Peneliti memilih informan-informan yang berkompeten, menguasai dan masih berkecimpung atas bidang yang akan diteliti pada perusahaan. Tahap pengumpulan data primer dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, triangulasi, dan pengumpulan data sekunder dengan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu analisis domain dan taksonomi. Tahap penarikan kesimpulan dilakukan dengan menggunakan metode induktif. Hasil dari penelitian dengan judul “Pengendalian Proses Operasi Pada CV. Luna Tour And Organizer” dapat ditarik beberapa hal penting yaitu pertama, alur proses produksi meliputi tahap masukan, transformasi, dan keluaran. Proses produksi pada tahap masukan meliputi kegiatan dealing marketing. Proses produksi pada tahap transformasi meliputi persiapan tour, pelaksanaan tour, dan finishing tour. Proses produksi pada keluaran meliputi evaluasi tour. Kedua, CV. Luna Tour and Organizer yang menjadi obyek penelitian telah melaksanakan pengendalian proses operasi pada tiap tahap yaitu tahap masukan, tahap transformasi, dan tahap keluaran. Ketiga, dengan adanya pengendalian proses operasi pada tahap dealing marketing, perusahaan mampu melakukan perencanaan tour secara baik dan mengimplementasikan pada tahap pelaksanaan tour sesuai dengan yang dijanjikan kepada pengguna jasa pada saat dealing. Keempat, dengan adanya pengendalian proses operasi pada tahap pelaksanaan tour, CV. Luna Tour and Organizer dapat melayani pengguna jasa secara optimal sesuai dengan moto yaitu full of joy and fun. Kelima, evaluasi tour yang dilakukan perusahaan memiliki efek sebagai perbaikan yang kemudian di implementasikan pada kegiatan tour selanjutnya.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectPENGENDALIANen_US
dc.subjectPROSES OPERASIen_US
dc.titlePENGENDALIAN PROSES OPERASI PADA CV. LUNA TOUR AND ORGANIZER DI JEMBERen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record