dc.description.abstract | Mobil listrik pertama kali dikenalkan oleh Robert Anderson dari Skotlandia
pada tahun 1832-1839, namun pada saat itu harga bahan bakar minyak (BBM)
relatif murah. Saat ini harga BBM semakin mahal dan cadangannya semakin
menipis. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan menyelenggarakan suatu kompetisi yang diharapkan dapat turut
meningkatkan kesadaran akan lingkungan bersih pada kompetisi Mobil Listrik
Indonesia (KMLI). Berdasarkan alasan tersebut maka dilakukan penelitian tentang
kontrol mobil listrik dengan berpenggerak motor Brushless Direct Current
(BLDC) 1000 W berbasis Proportional Integral Derivative (PID). Kontrol ini
akan mengatur kinerja mobil agar berjalan stabil sesuai setpoint ketika diberi
beban. Aksi Kontrol P adalah meningkatkan respon sistem, sedangkan aksi
kontrol I adalah kecenderungan mengejar setpoint sedekat mungkin dan pada aksi
kontrol D adalah pengoreksi error sehingga error yang akan terjadi dapat diatasi,
sehingga pada penelitian ini memilih korelasi dari ketiga variabel kontrol P, I dan
D. Kontrol PID mempunyai karakteristik reset control dan rate control yaitu
meningkatkan respon dan stabilitas sistem serta mengeliminasi steady state error
dengan setling time selama 2 detik daripada kontrol PI dengan settling time
selama 4 detik. Namun rise time kontrol PID selama 1,6 detik, lebih lama
daripada kontrol PI selama 1,4 detik. Penalaan konstanta Kp, Ki, dan Kd
dilakukan dengan trial dan error. Pada penelitian ini diperoleh Kp=1,6,
Ki=0,0055 dan Kd=0,53. | en_US |