Show simple item record

dc.contributor.advisorBektiarso, Singgih
dc.contributor.advisorAgustiningsih
dc.contributor.authorKurnia, Novia Ragil
dc.date.accessioned2015-12-03T01:47:59Z
dc.date.available2015-12-03T01:47:59Z
dc.date.issued2015-12-03
dc.identifier.nim110210204073
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/66031
dc.description.abstractPeningkatan Aktifitas dan Hasil Belajar Pokok Bahasan Sifat-Sifat Cahaya Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) Siswa Kelas VB SD Negeri Kunir Lor 01 Lumajang Tahun Pelajaran 2014/2015; Novia Ragil Kurnia, 110210204073; 2015:58 halaman; Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember. Hasil observasi pembelajaran IPA di SD Negeri Kunir Lor 01 Lumajang masih berpusat pada guru (teacher centered). Dampak dari kondisi ini adalah rendahnya aktivitas dalam proses pembelajaran di kelas. Rendahnya aktivitas pembelajaran di kelas tersebut tentunya dapat berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa. Untuk mengatasi permasalahan dipilih model pembelajaran kooperatif tipe TAI. Tipe pembelajaran TAI adalah dengan memperhatikan kebutuhan siswa sebagai subjek belajar, karena setiap siswa memiliki kemampuan dan cara belajar yang berbeda dalam proses pembelajaran klasikal yang selama ini berlangsung. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana penerapan dan peningkatan aktivitas serta hasil belajar siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe team assisted individualization (TAI) pokok bahasan sifat-sifat cahaya siswa kelas VB SD Negeri Kunir Lor 01 Lumajang. Berdasarkan rumusan masalah tersebut, maka penelitian ini bertujuan untuk menerapkan dan meningkatkan aktivitas serta hasil belajar siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe team assisted individualization (TAI) pokok bahasan sifat-sifat cahaya siswa kelas VB SD Negeri Kunir Lor 01 Lumajang. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri Kunir Lor 01 Lumajang tahun ajaran 2014/2015. Subjek penelitian ini adalah siswa VB dengan jumlah 36 siswa yang terdiri dari 20 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) model Hopkins dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan/observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam ix dua siklus, setiap siklus terdiri dari tiga kali pertemuan. Penerapan siklus I mempelajari tentang sifat-sifat cahaya, sedangkan siklus II mempelajari tentang materi siklus I yang belum tercapai yaitu, cahaya dapat dipantulkan, dibiaskan, diuraikan dan membuat karya/ model dengan menerapkan sifat-sifat cahaya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe team assisted individualization (TAI) pada pokok bahasan sifat-sifat cahaya memiliki beberapa kelebihan dan kelemahan. Kelebihan dari penerapan TAI adalah siswa mampu bekerjasama, bertanggung jawab, dan berbagi pengalaman belajarnya dengan siswa lainnya dalam kelompok. Kekurangan penerapan TAI adalah siswa dengan kemampuan akademik rendah hanya menggantungkan tugas kelompok pada siswa lainnya. Terdapat peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa. Peningkatan ditunjukkan pada aktivitas belajara siswa secara klasikal pada siklus I sebesar 75% dan pada siklus II naik menjadi 85%, atau peningkatan rata-ratanya secara klasikal sebesar 10%. Hasil belajar rata-rata siswa pada siklus I sebesar 73,33 pada siklus II naik menjadi 82,33, sehingga peningkatan rata-rata hasil belajar siswa secara klasikal sebesar 9. Kesimpulan pada penelitian ini adalah penerapan pembelajaran tipe TAI pada pokok bahasan sifat-sifat cahaya dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VB SD Negeri Kunir Lor 01 Lumajang. Pelaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe team assisted individualization (TAI) memerlukan perhatian khusus, siswa hendaknya diberikan pengertian agar aktif bekerjasama sehingga tidak membebankan tugas kelompoknya pada siswa berkemampuan akademik tinggi. Tipe TAI sangat cocok diterapkan pada siswa kelas besar (>30 siswa per kelas) karena tidak membutuhkan guru tambahan. Terdapat dampak positif bagai siswa dalam pelaksanaan TAI, yaitu siswa dapat saling membangun kondisi untuk terbentuknya sikap positif dengan cara berbagi pengalaman belajar.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectCAHAYAen_US
dc.titlePENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR POKOK BAHASAN SIFAT-SIFAT CAHAYA MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) SISWA KELAS VB SD NEGERI KUNIR LOR 01 LUMAJANG TAHUN AJARAN 2014/2015en_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record