Show simple item record

dc.contributor.advisorAndianto, Mujiman Rus
dc.contributor.advisorHusniah, Furoidatul
dc.contributor.authorMurdiana, Disi
dc.date.accessioned2015-12-02T13:25:14Z
dc.date.available2015-12-02T13:25:14Z
dc.date.issued2015-12-02
dc.identifier.nim100210402063
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/65967
dc.description.abstractMenjelang Pemilu, khususnya pemilu legislatif (pileg) di seluruh penjuru tanah air banyak dijumpai pemasangan atribut iklan dari calon legislatif (caleg) dari berbagai partai politik (parpol). Iklan kampanye termasuk dalam kategori wacana Hortatori, sifatnya persuasif. Untuk meningkatkan pamor dan menarik simpati masyarakat pemilih/konstituen, tim sukses/caleg memasang iklannya dengan wujud yang menarik, modus tertentu, dan mengandung pesan-pesan yang tersirat dalam mempengaruhi masyarakat calon pemilih. Berdasarkan penjelasan tersebut, masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah (1) bagaimanakah wujud wacana iklan kampanye para calon legislatif periode 2014-2019 di Kabupaten Jember; (2) bagaimanakah modus tindak berbahasa dalam wacana iklan kampanye para calon legislatif periode 2014-2019 di Kabupaten Jember; dan (3) bagaimanakah implikatur dalam wacana iklan kampanye para calon legislatif periode 2014-2019 di Kabupaten Jember. Pemilihan wacana iklan kampanye caleg 2014 di Kabupaten Jember sebagai objek analisis karena; (1) menampilkan informasi persuasif yang di dalamnya terdapat strategi komunikasi berbahasa yang kontekstual; (2) mengandung modus untuk menyampaikan gagasan, pikiran, dan perasaan yang efektif dalam menarik konstituen; (3) mengandung implikatur yang mempengaruhi masyarakat calon pemilih; Berdasarkan hal tersebut tampak bahwa wacana iklan kampanye para caleg menarik untuk diteliti dan dikaji dari wujud wacana, modus, dan implikatur. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan rancangan kualitatif. Data dalam penelitian ini berupa tulisan, gambar dan konteks iklan kampanye luar ruang calon legislatif 2014 di Kabupaten Jember yang diindikasikan menunjukkan wujud, modus dan implikatur. Sumber data adalah iklan kampanye luar ruang caleg 2014 di lokasi penelitian dengan jumlah 52 iklan dari semua partai, data berbentuk baliho, selebaran, spanduk, poster berukuran kecil sampai berukuran paling besar yang terpampang di pinggir jalan dan tempat umum. Hasil penelitian menunjukkan bahwa wujud iklan politik para caleg yang paling banyak ditemukan yakni wujud wacana campuran berupa tanda lingual tulisan identitas partai, visi dan misi, identitas diri disertai tanda non lingual gambar foto caleg dan logo partai. Modus ditemukan dalam tiga kategori yang meliputi; (1) modus deklaratif; (2) modus optatif; (3) modus imperatif. Modus yang paling banyak ditemukan yakni modus deklaratif. Dari wujud iklan dan modus diperolehlah implikatur. meliputi; (1) implikatur mengumbar janji; (2) implikatur membohongi; (3) implikatur menyindir; dan (4) implikatur memamerkan diri; (5) implikatur orientasi visi dan misi. Implikatur yang banyak ditemukan adalah mengumbar janji dan implikatur orientasi visi dan misi caleg di mata masyarakat. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang dilakukan, saran yang dapat diberikan oleh peneliti meliputi; (1) Mahasiswa FKIP Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, hasil penelitian ini disarankan menjadi bahan referensi dalam diskusi dan pendalaman mata kuliah Analisis Wacana. (2) Guru bahasa Indonesia, sebaiknya menggunakan penelitian ini sebagai referensi dalam mengungkapkan informasi dari rangkuman teks berita, slogan/poster. (3) Peneliti selanjutnya yang tertarik meneliti wacana iklan kampanye calon legislatif, penelitian ini sebaiknya dicermati atau dikembangkan lebih lanjut untuk menemukan fokus kajian lain (rumusan masalah lain) secara lebih rinci, misalnya dari sisi ragam bahasanya dan tindak bahasanya yang predikatif. (4) Masyarakat dalam melihat iklan kampanye caleg seyogyanya lebih logis dan kritis sesuai dengan hati nurani dan realita ketika memilih caleg periode tahun 2014 dan periode selanjutnya.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectIKLAN KAMPANYEen_US
dc.subjectCALON LEGISLATIFen_US
dc.titleWACANA IKLAN KAMPANYE CALON LEGISLATIF 2014 KABUPATEN JEMBER: WUJUD, MODUS, DAN IMPLIKATURen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record