dc.description.abstract | Menurut UU No.20 tahun 2003 pasal 3 tentang sistem pendidikan nasional
menyatakan bahwa “pendididkan nasional berfungsi untuk mengembangkan
kemampuan dan membentuk watak serta peradaban dan bermartabat dalam rangka
mencerdaskan kehidupan bangsa”. Sejalan dengan peraturan tersebut salah satu jalur
pendidikan yang dikembangkan untuk meningkatkan potensi peserta didik menjadi
manusia berilmu mandiri, kreatif dan cakap adalah melalui Sekolah Menengah
Kejuruan (SMK). Sekolah menengah kejuruan merupakan salah satu lembaga
pendidikan yang bertanggung jawab untuk menciptakan sumber daya manusia yang
memiliki keterampilan dan keahlian. Salah satu cara untuk meningkatkan
kemampuan siswa terutama mengenai pengetahuan tentang kewirausahaan adalah
melalui pemberian mata pelajaran kewirausahaan di sekolah.
Fungsi materi kewirausahaan adalah memberikan pengetahuan dasar dalam
berwirausaha bagi siswa, sehingga nantinya akan mempunyai bekal untuk
menghadapi tantangan kerja setelah mereka lulus dari sekolah.
Seseorang yang memiliki sikap mental wirausaha tidak suka menggantungkan
hidupnya pada orang lain mereka selalu berpikir kreatif dan inovatif untuk
mengoptimalkan sumber daya alam. Sikap mental kewirausahaan perlu ditanamkan
kepada generasi muda yaitu khususnya pelajar. Sikap kewirausahaan tidak akan
timbul begitu saja, tetapi harus di tanamkan sejak dini, baik melalui pendidikan
kewirausahaan yang didapat disekolah maupun diluar sekolah,
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui
adanya pengaruh yang signifikan dari Hasil Belajar Mata Pelajaran Kewirausahaan
viii
Terhadap Sikap Mental Wiraswasta (Studi Kasus SMK Negeri Kalibaru Banyuwangi
Tahun Ajaran 2014/2015)
Jenis Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kuantitatif.
Responden yang digunakan sebagai objek penelitian sebanyak 80 orang.. Penetuan
lokasi penelitian menggunakan purposive area, sedangkan untuk menentukan
responden penelitian menggunakan metode proportional random sampling. Untuk
mengumpulkan data, peneliti menggunakan metode angket, wawancara, dan
observasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis inferensial yaitu dengan
analisis regresi linier sederhana.
Hasil penelitian dengan analisis koefisien determinasi diperoleh angka Rsquare
sebesar 0,770 menunjukkan bahwa pengaruh hasil belajar mata pelajaran
kewirausahaan terhadap sikap mental wiraswasta sebesar 77%, sehingga hipotesis
yang menyatakan bahwa variable hasil belajar mata pelajaran kewirausahaan
berpengaruh terhadap sikap mental wiraswasta diterima, dengan demikian tujuan dari
penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan dari
variable hasil belajar mata pelajaran kewirausahaan terhadap sikap mental wiraswasta
(studi kasus siswa kelas X SMK Negeri Kalibaru Banyuwangi Tahun Ajaran
2014/2015 ) terpenuhi. | en_US |