dc.description.abstract | Buku teks merupakan salah satu media pembelajaran yang sangat penting
dalam proses belajar mengajar. Djago dan Guntur (dalam Widyaharti, 2014)
mengatakan bahwa buku teks sangat penting dan fungsional bagi setiap mata
pelajaran di sekolah. Buku teks yang berkualitas, jelas akan meningkatkan
kualitas pengajaran matematika. Hal ini juga berlaku untuk buku teks matematika
menurut kurikulum 2013 yang diterbitkan oleh pemerintah. Cara mengetahui
kualitas buku teks tersebut salah satunya dengan melakukan analisis terhadap
buku tersebut. Bell (1981:381-385) menyatakan terdapat empat kriteria utama
yang dapat digunakan untuk mengevaluasi buku pelajaran matematika yaitu: (a)
kriteria yang berhubungan dengan materi matematika, (b) kriteria yang
berhubungan dengan metode penyampaian materi, (c) kriteria yang berhubungan
dengan karakteristik fisik, dan (d) kriteria yang berhubungan dengan petunjuk
untuk guru. Alasan yang mendasari penelitian ini menggunakan kriteria Bell
adalah kriteria Bell disajikan lebih rinci, beberapa kriteria evaluasi buku pelajaran
matematika menurut Bell tidak terdapat dalam kriteria penilaian dari BNSP
misalnya saja kebenaran fakta, skill, dan prinsip matematika, pendekatan yang
digunakan dan kesalahan penulisan teks sehingga perlu dilakukan analisis buku
siswa yang telah diterbitkan oleh pemerintah dengan menggunakan kriteria Bell,
sehingga tujuan penelitian ini dilakukan untuk untuk menelaah kesesuaian materi
matematika pada Buku Siswa Matematika Kelas VIII Semester 1 berdasarkan
kriteria Bell. Penelitian ini hanya mengambil satu kriteria saja yaitu kriteria yang
berhubungan dengan materi matematika karena materi merupakan poin utama
ix
dalam buku teks sehingga penelitian ini lebih memfokuskan pada analisis materi
matematika yang terdapat dalam buku teks tersebut.
Jenis penelitian deskriptif digunakan dalam penelitian ini dengan
mengambil semua materi yang ada dalam buku. Data pada penelitian ini adalah
kesesuaian Buku Siswa Matematika Kelas VIII Semester 1 yang berhubungan
dengan materi berdasarkan kriteria Bell sehingga sumber datanya adalah buku
tersebut. Instrumen yang digunakan adalah lembar analisis kesesuaian buku yang
berhubungan dengan materi berdasarkan kriteria Bell dan lembar validasi
instrumen. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode
dokumentasi dan metode angket. Analisis data dalam penelitian ini adalah analisis
deskriptif kualitatif terhadap data hasil validasi dan data kesesuaian buku. Hasil
validasi instrumen secara keseluruhan diperoleh nilai sebesar 2,7 yang berarti
sangat valid. Kategori valid dan sangat valid tidak perlu dilakukan revisi pada
instrumen dan tidak perlu dilakukan uji validasi kembali sehingga instrumen
analisis kesesuaian buku yang berhubungan dengan materi berdasarkan kriteria
Bell dapat digunakan dalam penelitian.
Hasil analisis dan pembahasan didapatkan bahwa kesalahan pada bab
Sistem Koordinat ditemukan jawaban salah pada subbab 1.2 contoh 1.4 pada
langkah 5, penyampaian materi tidak menggunakan prinsip matematika,
penyampaian materi tidak disajikan secara lengkap, topik prasyarat tidak
disajikan. Kesalahan pada bab Operasi Aljabar contoh dari suku-suku tidak sejenis
tidak disajikan dalam materi ini, langkah-langkah penjumlahan dan pengurangan
kurang terperinci, penyajian pembagian bentuk aljabar kurang tepat, pemfaktoran
tidak disajikan secara mendalam, prinsip tidak disajikan dengan benar, terdapat
beberapa kesalahan penulisan, penyajian materi tidak disajikan secara lengkap,
dan topik prasyarat tidak disajikan. Kesalahan pada bab Fungsi himpunan tidak
disajikan, konsep fungsi tidak disajikan secara jelas, penyajian fungsi dalam
bentuk diagram panah masih kurang tepat, prinsip matematika tidak digunakan
kebanyakan menggunakan pemikiran yang masuk akal, penyajian materi tidak
lengkap, dan topik prasyarat tidak disajikan.
x
Kesalahan pada bab Persamaan Garis Lurus penyajian kemiringan atau
gradien masih kurang tepat, jawaban salah pada subbab 3 contoh 4.12, prinsip
tidak digunakan, kesalahan penulisan pada subbab 1 contoh 4.2 dan subbab 2
halaman 114, penyampaian materi kurang lengkap. Kesalahan pada bab Teorema
Pythagoras skill tidak disajikan pada subbab 2, penjelasan triple Pythagoras tidak
dijelaskan secara lengkap, dan materi prasyarat tidak disajikan. Kesalahan pada
bab Statistika pada halaman 165 no 3 seharusnya tidak keseluruhan tabel yang
diblock, prinsip matematika tidak digunakan, terdapat beberapa kesalahan
penulisan salah satunya penulisan tahun 2008 seharusnya 2009 dan 130
seharusnya 110, dan materi prasyarat tidak disajikan.
Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan diambil kesimpulan bahwa
kesesuaian antara materi pada Buku Siswa Matematika Kelas VIII Semester 1
dengan materi berdasarkan kriteria Bell untuk bab Sistem Koordinat termasuk
dalam kategori baik atau sesuai, bab Operas Aljabar termasuk dalam kategori
cukup sesuai, bab Fungsi termasuk dalam kategori cukup sesuai, bab Persamaan
Garis Lurus termasuk dalam kategori cukup sesuai, bab Teorema Pythagoras
termasuk dalam kategori baik atau sesuai, dan bab Statistika termasuk dalam
kategori baik atau sesuai, sehingga ketidaksesuaian dari buku siswa berdasarkan
hasil analisis dapat dijadikan bahan perbaikan untuk penerbit maupun penulis dan
Hasil dari analisis buku siswa dapat digunakan sebagai pertimbangan untuk
memilih buku yang akan digunakan. | en_US |