Show simple item record

dc.contributor.advisorSugiarti, Titik
dc.contributor.advisorKurniati, Dian
dc.contributor.authorMELISSA, MELSI
dc.date.accessioned2015-12-02T08:44:42Z
dc.date.available2015-12-02T08:44:42Z
dc.date.issued2015-12-02
dc.identifier.nim110210101073
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/65943
dc.description.abstractBuku teks merupakan salah satu media pembelajaran yang sangat penting dalam proses belajar mengajar. Djago dan Guntur (dalam Widyaharti, 2014) mengatakan bahwa buku teks sangat penting dan fungsional bagi setiap mata pelajaran di sekolah. Buku teks yang berkualitas, jelas akan meningkatkan kualitas pengajaran matematika. Hal ini juga berlaku untuk buku teks matematika menurut kurikulum 2013 yang diterbitkan oleh pemerintah. Cara mengetahui kualitas buku teks tersebut salah satunya dengan melakukan analisis terhadap buku tersebut. Bell (1981:381-385) menyatakan terdapat empat kriteria utama yang dapat digunakan untuk mengevaluasi buku pelajaran matematika yaitu: (a) kriteria yang berhubungan dengan materi matematika, (b) kriteria yang berhubungan dengan metode penyampaian materi, (c) kriteria yang berhubungan dengan karakteristik fisik, dan (d) kriteria yang berhubungan dengan petunjuk untuk guru. Alasan yang mendasari penelitian ini menggunakan kriteria Bell adalah kriteria Bell disajikan lebih rinci, beberapa kriteria evaluasi buku pelajaran matematika menurut Bell tidak terdapat dalam kriteria penilaian dari BNSP misalnya saja kebenaran fakta, skill, dan prinsip matematika, pendekatan yang digunakan dan kesalahan penulisan teks sehingga perlu dilakukan analisis buku siswa yang telah diterbitkan oleh pemerintah dengan menggunakan kriteria Bell, sehingga tujuan penelitian ini dilakukan untuk untuk menelaah kesesuaian materi matematika pada Buku Siswa Matematika Kelas VIII Semester 1 berdasarkan kriteria Bell. Penelitian ini hanya mengambil satu kriteria saja yaitu kriteria yang berhubungan dengan materi matematika karena materi merupakan poin utama ix dalam buku teks sehingga penelitian ini lebih memfokuskan pada analisis materi matematika yang terdapat dalam buku teks tersebut. Jenis penelitian deskriptif digunakan dalam penelitian ini dengan mengambil semua materi yang ada dalam buku. Data pada penelitian ini adalah kesesuaian Buku Siswa Matematika Kelas VIII Semester 1 yang berhubungan dengan materi berdasarkan kriteria Bell sehingga sumber datanya adalah buku tersebut. Instrumen yang digunakan adalah lembar analisis kesesuaian buku yang berhubungan dengan materi berdasarkan kriteria Bell dan lembar validasi instrumen. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi dan metode angket. Analisis data dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif terhadap data hasil validasi dan data kesesuaian buku. Hasil validasi instrumen secara keseluruhan diperoleh nilai sebesar 2,7 yang berarti sangat valid. Kategori valid dan sangat valid tidak perlu dilakukan revisi pada instrumen dan tidak perlu dilakukan uji validasi kembali sehingga instrumen analisis kesesuaian buku yang berhubungan dengan materi berdasarkan kriteria Bell dapat digunakan dalam penelitian. Hasil analisis dan pembahasan didapatkan bahwa kesalahan pada bab Sistem Koordinat ditemukan jawaban salah pada subbab 1.2 contoh 1.4 pada langkah 5, penyampaian materi tidak menggunakan prinsip matematika, penyampaian materi tidak disajikan secara lengkap, topik prasyarat tidak disajikan. Kesalahan pada bab Operasi Aljabar contoh dari suku-suku tidak sejenis tidak disajikan dalam materi ini, langkah-langkah penjumlahan dan pengurangan kurang terperinci, penyajian pembagian bentuk aljabar kurang tepat, pemfaktoran tidak disajikan secara mendalam, prinsip tidak disajikan dengan benar, terdapat beberapa kesalahan penulisan, penyajian materi tidak disajikan secara lengkap, dan topik prasyarat tidak disajikan. Kesalahan pada bab Fungsi himpunan tidak disajikan, konsep fungsi tidak disajikan secara jelas, penyajian fungsi dalam bentuk diagram panah masih kurang tepat, prinsip matematika tidak digunakan kebanyakan menggunakan pemikiran yang masuk akal, penyajian materi tidak lengkap, dan topik prasyarat tidak disajikan. x Kesalahan pada bab Persamaan Garis Lurus penyajian kemiringan atau gradien masih kurang tepat, jawaban salah pada subbab 3 contoh 4.12, prinsip tidak digunakan, kesalahan penulisan pada subbab 1 contoh 4.2 dan subbab 2 halaman 114, penyampaian materi kurang lengkap. Kesalahan pada bab Teorema Pythagoras skill tidak disajikan pada subbab 2, penjelasan triple Pythagoras tidak dijelaskan secara lengkap, dan materi prasyarat tidak disajikan. Kesalahan pada bab Statistika pada halaman 165 no 3 seharusnya tidak keseluruhan tabel yang diblock, prinsip matematika tidak digunakan, terdapat beberapa kesalahan penulisan salah satunya penulisan tahun 2008 seharusnya 2009 dan 130 seharusnya 110, dan materi prasyarat tidak disajikan. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan diambil kesimpulan bahwa kesesuaian antara materi pada Buku Siswa Matematika Kelas VIII Semester 1 dengan materi berdasarkan kriteria Bell untuk bab Sistem Koordinat termasuk dalam kategori baik atau sesuai, bab Operas Aljabar termasuk dalam kategori cukup sesuai, bab Fungsi termasuk dalam kategori cukup sesuai, bab Persamaan Garis Lurus termasuk dalam kategori cukup sesuai, bab Teorema Pythagoras termasuk dalam kategori baik atau sesuai, dan bab Statistika termasuk dalam kategori baik atau sesuai, sehingga ketidaksesuaian dari buku siswa berdasarkan hasil analisis dapat dijadikan bahan perbaikan untuk penerbit maupun penulis dan Hasil dari analisis buku siswa dapat digunakan sebagai pertimbangan untuk memilih buku yang akan digunakan.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectBuku Siswaen_US
dc.titleANALISIS BUKU SISWA MATEMATIKA KELAS VIII SEMESTER 1 BERDASARKAN KRITERIA BELLen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record