• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGEMBANGAN PAKET TES SOAL TERBUKA (OPEN-ENDED PROBLEM) UNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA POKOK BAHASAN SEGIEMPAT DAN SEGITIGA SMP KELAS VII

    Thumbnail
    View/Open
    110210101068_Tathmainul Qulub.pdf (5.907Mb)
    Date
    2015-12-02
    Author
    Qulub, Tathmainul
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Hasil penelitian yang dilakukan Aryawati, lebih spesifik dalam bidang pendidikan khususnya mengenai tingkat kemampuan berpikir kreatif siswa SMP di Jember Kota menunjukkan hasil bahwa sebanyak 37,5% siswa berada pada TKBK 0 (Tingkat Kemampuan Berpikir Kreatif 0) atau tidak kreatif, 40% berada pada TKBK 1 atau kurang kreatif, 13,33% berada pada TKBK 2 atau cukup kreatif, 6,67% berada pada TKBK 3 atau kreatif, dan hanya 2,5% siswa yang berada pada TKBK 4 atau sangat kreatif. Penelitian tersebut menunjukkan bahwa tingkat berpikir kreatif siswa khususnya di wilayah Jember kota masih cukup rendah. Berdasarkan penelitian tersebut dilakukan pengembangan paket tes soal terbuka (open-ended problem) untuk mengukur kemampuan berpikir kreatif Siswa SMP kelas VII pokok bahasan segiempat dan segitiga dengan tujuan agar paket tes yang dihasilkan dapat dimanfaatkan oleh Guru dalam identifikasi tingkat berpikir kreatif siswa. Hasil tes tingkat kemampuan berpikir kreatif siswa dapat digunakan sebagai acuan untuk menentukan tindakan apa yang seharusnya dilakukan oleh Guru. Pengembangan paket tes mengacu pada kompetensi inti dan kompetensi dasar pada kurikulum 2013 serta sesuai dengan prinsip soal terbuka (open-ended problem). Pada proses pengembangannya, paket tes ini diujicobakan dan dianalisis, apabila layak selanjutnya akan digunakan sebagai salah satu cara untuk mengukur sejauh mana tingkat kemampuan berpikir kreatif setiap siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes, dan lembar validasi oleh validator. Analisis data dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif. Data yang dianalisis adalah data hasil uji validator ahli yang berjumlah 4 orang ix dan data hasil uji coba lapangan pada siswa. Kegiatan uji coba paket tes ini dilaksanakan pada bulan Februari sampai dengan Maret 2015. Berdasarkan hasil analisis uji coba lapangan, paket tes A maupun B yang masing-masing terdiri atas 4 permasalahan terdapat masing-masing satu soal yang dibuang karena memperoleh interpretasi rata-rata pada setiap aspek (validitas, daya pembeda, dan tingkat kesukaran) rendah. Yaitu soal nomor 4. Soal nomor 4 memiliki nilai validitas rendah, sangat sukar dan daya pembeda buruk. Sehingga secara keseluruhan, paket tes ini terdiri dari 6 soal terbuka dan bertipe uraian yang setiap langkah-langkah pengerjaan mencakup 4 karakteristik berpikir kreatif yaitu kebaruan (originality), keluwesan (flexibility), kelancaran (fluency), an elaborasi (elaboration). 6 soal ini dibagi menjadi 2 paket, sehingga setiap paket terdiri dari 3 soal. Setiap soal memiliki alokasi waktu 15 menit. Dengan pemberian tingkat kesukaran soal yang cukup tinggi dan pembatasan waktu yang cukup singkat, siswa benar-benar dituntut untuk memaksimalkan kemampuan berpikir kreatif, kecepatan mengerjakan, dan ketepatan jawaban.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/65932
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15274]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository