dc.description.abstract | Kemampuan berpikir tingkat tinggi merupakan suatu kemampuan yang tidak dapat diperoleh secara instan. Kemampuan ini dapat diperoleh oleh siswa dengan cara sering berlatih untuk mengerjakan soal-soal yang sesuai dengan level berpikir tingkat tinggi yaitu menganalisis (C-4), mengevaluasi (C-5), dan mencipta (C-6). Pengelompokan level berpikir tersebut berdasarkan Taksonomi Bloom yang telah direvisi. Untuk mencapai setiap level, harus menguasai level berpikir yang ada dibawahnya terlebih dahulu. Artinya, untuk sampai pada level berpikir mencipta (C-6), maka seseorang harus menguasai level berpikir yang ada dibawahnya seperti mengingat (C-1), memahami (C-2), menerapkan/ mengaplikasikan (C-3), menganalisis (C-4), dan mengevaluasi (C-5). Arikunto (2012:168) menyatakan bahwa kecenderungan pada guru-guru beberapa waktu yang lalu, pengukuran ranah kognitif hanya ditekankan pada tiga aspek yang pertama, yaitu ingatan, pemahaman, dan aplikasi. Padahal, pada era globalisasi ini siswa dituntut untuk memiliki kemampuan berpikir tingkat tinggi agar mampu bersaing dengan Negara lain. Oleh karena itu, ketersediaan soal-soal yang levelnya menganalisis (C-4), mengevaluasi (C-5), dan mencipta (C-6) sangat diperlukan agar dapat digunakan untuk melatih siswa dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika dan kemampuan berpikirnya hingga pada level berpikir tingkat tinggi. Sehingga pada penelitian ini dikembangkan Paket Tes Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Matematika Berdasarkan Revisi Taksonomi Bloom Pada Siswa Kelas V SD. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan paket tes kemampuan berpikir tingkat tinggi matematika dan memperoleh hasil
x
pengembangan paket tes kemampuan berpikir tingkat tinggi matematika pada siswa
kelas V Sekolah Dasar berdasarkan Taksonomi Bloom yang direvisi.
Pengembangan paket tes ini berdasarkan model pengembangan 4D yang
dikembangkan oleh Thiagarajan, dengan langkah-langkah pengembangannya yaitu
Define (Pendefinisian), Design (Perancangan), Develop (Pengembangan), dan
Disseminate (Penyebaran). Melalui 3 tahapan yang pertama, yaitu Define, Design,
dan Develop, dihasilkan paket tes kemampuan berpikir tingkat tinggi matematika
yang valid, reliabel, dan objektif yang siap untuk disebarkan dan digunakan oleh
khalayak umum. Paket tes yang siap disebarkan terdiri dari 2 paket, yaitu Paket A dan
Paket B. Hal ini bertujuan untuk memperkecil kesempatan siswa untuk berbuat
curang. Kedua paket tersebut terdiri dari 3 butir soal uraian dan setiap butir memuat 3
pertanyaan dengan level yang berbeda. Paket tes ini sesuai dengan level siswa kelas V
SD dengan pokok bahasan bilangan, aritmatika, dan geometri. Seperti rancangan
awal, soal-soal dalam kedua paket tes sama tetapi nomor soal diacak. Alokasi waktu
pengerjaan paket tes tetap yaitu 90 menit.
Pada tahap yang terakhir (Disseminate), dilakukan penyebaran paket tes
kemampuan berpikir tingkat tinggi matematika pada siswa kelas V melalui media
sosial seperti facebook dan website (https://soffiyah.wordpress.com). Sehingga setiap
orang yang membutuhkan paket tes ini dapat dengan mudah memperolehnya dengan
cara mengunduh paket tes melalui media sosial tersebut. Selain itu paket tes juga
diberikan kepada sekolah yang telah menjadi tempat uji coba dan laboratorium
Pendidikan Matematika FKIP-UNEJ. | en_US |